Gubernur Peduli kepada Seniman dan Tokoh Adat

  • Whatsapp
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Komunitas seniman yang bernaung dibawah Dewan Kesenian Palangka Raya (DKPR) dengan pengarah Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalteng, menyalurkan bantuan sosial (Bansos) bagi Seniman serta Tokoh Adat Dayak di Palangka Raya.

“Pandemi Corona Virus Desease atau Covid-19 ini sedikit banyak berdampak pula secara sosial ekonomi terhadap pelaku seni budaya. Kegiatan yang bersifat mengumpulkan massa penonton atau penikmat seni budaya seperti gelaran pertunjukan, pameran, maupun kegiatan keadatan; sesuai ketentuan pemerintah sementara tidak boleh diadakan. Kegiatan seni budaya yang sudah direncanakan dan terjadwal pun ditunda pelaksanaannya. Hal itu tentunya berpengaruh, menyebabkan berkurangnya produktivitas dan pendapatan ekonomi bagi seniman dan pelaku budaya dan adat lainnya,” kata Pembina dan Pengarah Komunitas Seniman, Guntur Talajan, saat dibincangi di ruang kerjanya, Selasa (21/4).

Dikatakan Guntur, bantuan yang disampaikan tersebut merupakan pemberian dari Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran, sebagai kelanjutan dari penyaluran bantuan apresiasi yang diberikannya kepada sanggar/seniman yang terlibat dalam tari masal pembukaan Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) 2019 lalu.

Disaat yang sama, Ketua Komunitas Seniman sekaligus Ketua Dewan Kesenian Palangka Raya (DKPR) Jimy O Andin didampingi Ketua pelaksana kegiatan Herkules mengatakan, bantuan yang diberikan tersebut berjumlah 500 paket. “Bantuan ini dibagikan utamanya kepada para tokoh Adat dan Seniman yang berada di Palangka Raya, khususnya bagi sanggar atau komonitas budaya yang bernaung dibawah DKPR,” terang Jimy.

Bahkan kata Jimy Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kalteng juga mengarahkan DKPR untuk membantu inventarisasi pelaku seni budaya di Kalteng yang terdampak secara ekonomi akibat Pandemi Covid-19 ini, guna mendapat bantuan dari pemerintah pusat melalui Kemendikbud RI.

“Informasinya, sampai saat ini baru terdata sejumah seratusan orang saja di kementerian. Tentu diharapkan partisipasi secara aktif para seniman untuk keperluan pendataan ini,” pungkasnya.

Bantuan itu diserahkan secara simbolis oleh Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran melalui Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 Kalteng Leonard S Ampung didampingi Kepala Disbudpar Kalteng Guntur Talajan kepada Ketua DKPR Jimy O Andin, didampingi Herkules Chendana Putra Pengarah Dewan Kesenian Palangka Raya. sgh

iklan atas

Pos terkait

iklan atas