Kalteng Beli Lagi 1 Juta Masker

  • Whatsapp
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Untuk mencegah dan memutus mata rantai penularan Covid-19, masyarakat dianjurkan menggunakan masker, terutama saat keluar rumah. Bahkan di Kota Palangka Raya, saat ini masyarakatnya sudah diwajibkan memakai masker saat berpergian.

Guna memenuhi kebutuhan masker di daerah ini, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah berencana akan membeli lagi 1 juta masker ke Sritex, Solo, Jawa Tengah.

Hal itu dikemukakan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalteng, saat menyampaikan rilis perkembangan kasus Covid-19 di Kalteng, di Istana Isen Mulang, baru-baru ini.

Dijelaskan, Kalteng ada membeli 1 juta masker dari Sritex, dengan dana bersumber dari APBD Provinsi Kalteng yang mencapai Rp5,5 miliar.

“Minggu kemarin datang 100.000 lembar, minggu ini datang 200.000 lembar. Karena yang pesan itu banyak, dari seluruh provinsi di Indonesia, sehingga mau tidak mau, kita ngambilnya sedikit-sedikit,” ujarnya.

Masker tersebut, ujar Sugianto, sudah ada antibiotiknya, sehingga bisa menangani bakteri dari mulut. Masker ini juga nyaman dipakai dan bisa dicuci 10 kali. Masker ini akan dibagikan ke masyarakat Kalteng dan langsung ke rumah-rumah.

“Kita sudah buat tim, semuanya akan kita bagi. Tahap kedua, kita pesan lagi sebanyak 1 juta masker,” ujar orang nomor satu di Kalteng tersebut.

Diungkapkan Sugianto, karena penduduk di Kalteng ini berada di angka 2,7 juta lebih, untuk sementara pihaknya berencana akan membeli 2 juta lembar masker dulu.

Sedangkan masker yang sudah datang, saat ini mulai dibagikan ke masyarakat. Bahkan pada Minggu (19/4) lalu, Gubernur Kalteng Sugianto Sabran secara langsung kembali melakukan pembagian masker kepada masyarakat.

Salah satu tempat yang ia datangi adalah lokasi wisata Danau Tahai, Kecamatan Bukit Batu, Kota Palangka Raya. Tidak hanya membagikan masker, Sugianto juga memberikan edukasi tentang perilaku hidup sehat kepada masyarakat yang ia temui.

Hal tersebut sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari, agar tetap sehat dan terhindar dari sejumlah penyakit, termasuk Corona Virus atau Covid-19 yang saat ini sedang mewabah di Provinsi Kalteng.

Karena dengan berperilaku hidup sehat, seperti rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta menjalankan imbauan pemerintah, seperti tetap menjaga jarak, hindari kerumunan, menggunakan masker saat berpergian keluar rumah, dapat mencegah dan memutus mata rantai penularan Covid-19. dkw

iklan atas

Pos terkait

iklan atas