Selain Covid-19, DBD Juga Jadi Perhatian Gubernur

  • Whatsapp
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran mengatakan, saat ini Pemerintah Provinsi Kalteng tengah serius untuk penanganan Corona Virus atau Covid-19 dan dampak yang ditimbulkannya.

Kendati demikian, penyakin lain yang juga harus menjadi perhatian Pemprov Kalteng adalah demam berdarah dengue (DBD), ujar Sugianto, saat menyampaikan rilis perkembangan kasus Covid-19 di Kalteng, di Istana Isen Mulang, baru-baru ini.

“Penyakit yang juga perlu menjadi perhatian saat ini, yaitu demam berdarah dan TBC. Ini perlu menjadi perhatian kita bersama,” ujarnya.

Terlebih dbd ini dinilai akan cenderung mengalami peningkatan di saat musim penghujan. Sementara saat ini curah hujan di sejumlah daerah di Kalteng ini masih cukup tinggi.

Terpisah Kepala Dinas Kesehatan Kalteng Suyuti Syamsul mengatakan, DBD tetap jadi perhatian, meski saat ini sumber daya difokuskan pada penanganan Covid-19, tetapi sensitif peningkatan kasus DBD itu tetap jalan.

Sehingga surveilan epidemiologi tetap jalan, laporan mingguan tidak berhenti meski ada penanganan Covid-19. “Namun saat ini, karena kasus Covid-19 meningkat, sehingga saat ini lebih fokus ke penanganan Covid-19. Kendati demikan, kita tidak lupa untuk penanganya (DBD),” ujarnya.

Karena dinilai hampir setiap bulan selalu ada kasus DBD, tetapi ada waktu trenya meningkat namun ada trenya turun. Setiap bulan, itu ada sekitar 20-30 orang yang kena DBD. dkw

iklan atas

Pos terkait

iklan atas