PSBB Banjarmasin, Diharap Tidak Nganggu Pasokan Sembako Palangka Raya

  • Whatsapp
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Setelah mendapatkan persetujuan dari Menteri Kesehatan (Menkes), Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, mulai diterapkan pada awal Ramadan.

Diharapkan, penerapan PSBB di kota setempat, tidak berpengaruh terhadap ekonomi di Kalteng, khususnya Kota Palangka Raya mengingat sebagian pasokan sembako berasal dari daerah tersebut.

Wakil Ketua I Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palangka Raya, Susi Idawati mengakui, dengan diterapkannya PSBB di provinsi tetangga, tentu akan berdampak ke banyak sektor.

Karena PSBB yang disetujui pusat, berdasarkan beberapa aspek dan kajian, diantaranya aspek sosial, ekonomi, kesiapan daerah, kajian epidemiologis, serta peningkatan kasus positif signifikan di daerah itu.

“Jika kaitannya PSBB di Kalsel terhadap aspek ekonomi Kalteng, khususnya Palangka Raya yang sebagian kebutuhan pokoknya didapatkan dari sana, saya harap tidak akan berdampak signifikan,” kata Susi saat dikonfirmasi Tabengan, Senin (20/4).

Walaupun PSBB diterapkan, lanjut Politisi NasDem ini, untuk pasokan dari daerah pemasok harus terus berjalan, meski dengan pengawasan dan protokol kesehatan serta perundang-undangan yang berlaku.

“Misalnya di perbatasan masuk ke Kalteng, khususnya Kota Palangka Raya, maka harus diberlakukan pengawasan dengan protokol kesehatan demi untuk menjamin keamanan barang yang masuk. Termasuk untuk melaksanakan kegiatan ekonomi dalam memenuhi pasokan kebutuhan barang pokok,” jelasnya.

Hal lain yang perlu diperhatikan Pemko, lanjutnya, kesiapan Kota Palangka Raya dalam menerapkan protokol kesehatan. Tidak hanya kepada pendatang dari Kalsel atau daerah lain yang terdampak, tetapi juga kepada masyarakat kota setempat.

“Karena yang namanya kebutuhan pokok untuk masyarakat itu tidak bisa ditunda dan tidak bisa dilarang sebab menyangkut hajat orang banyak. Namun bisa juga dengan kondisi saat ini, distributor memesan bahan kebutuhan pokok di Kalsel secara online,” pungkasnya.rgb

iklan atas

Pos terkait

iklan atas