Pasien Positif Covid-19 di Kobar Bertambah 2 Orang

  • Whatsapp
iklan atas

PANGKALAN BUN/tabengan.com – Pasien positif virus Corona di Kabupaten Kotawaringin Barat bertambah 2 orang, sehingga kini jumlah pasien yang positif Covid-19 di ruangan isolasi Rumah Sakit Sultan Imanudin (RSSI) Pangkalan Bun 13 orang. Dua orang pasien positif Covid-19 ini masih satu klaster eks rombongan jemaah tabligh Gowa, Sulawesi Selatan.

Juru bicara Percepatan apenanganan Covid-19 Kobar Achmad Rois didampingi Direktur RSSI Pangkalan Bun dr Fahruddin dalam konferensi pers mengatakan, penambahan 2 orang yang positif terinfeksi Covid-19 berasal dari satu klaster eks rombongan jemaah tabligh yang pernah melakukan perjalanan ke Kabupaten Gowa.

“Dua orang pasien positif Covid-19 ini sebelumnya merupakan Pasien Dalam Pengawasan yang dirawat dalam ruangan Isolasi RSSI Pangkalan Bun dan 1 orang lagi merupakan Orang Tanpa Gejala (OTG) yang dikarantina di rumah sakit darurat penanganan Covid-19 di Klinik Kusuma Pangkalan Bun. Begitu mendapatkan hasilnya positif, kemudian 1 OTG dari Klinik Kusuma langsung kami pindahkan ke RSSI Pangkalan Bun,” kata Achmad Rois, Senin (20/4/2020).

Dijelaskan, kedua pasien yang positif Covid-19 ini berasal dari Desa Karang Sari dan Kelurahan Mendawai. Berdasarkan dari hasil penambahan jumlah pasien yang positif, maka Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kobar akan terus melakukan tracking yang lebih ketat terhadap eks rombongan jemaah tabligh Gowa.

“Saat ini di Kobar ada 13 orang yang positif Covid-19, dan untuk PDP ada 10 orang, 7 orang PDP saat ini tengah di rawat dalam ruangan Isolasi RSSI Pangkalan Bun. Dan 3 orang PDP yang mengalami gejala ringan tengah mengalami isolasi mandiri dalam pengawasan ketat tenaga kesehatan dari petugas Puskesmas masing-masing desa,” ujar Achmad Rois.

Untuk pasien yang positif Covid-19, lanjut Achmad Rois, berasal dari 7 desa yakni Desa Lada Mandala Jaya sebanyak 3 orang, Desa Purbasari 3 orang, Desa Pandu Sanjaya 2 orang, Kelurahan Baru 2 orang, Kelurahan Mendawai 1 orang, Desa Umpang 1 orang dan Desa Karang Sari 1 orang.

“Saat ini kondisi pasien yang positif yang masih dirawat di ruangan isolasi RSSI Pangkalan Bun, terutama pasien positif yang berinisial SB (pasien 01) meski kondisinya baik setelah dirawat selama 10 hari, tetapi berdasarkan hasil swab sampel terakhir masih dinyatakan positif Covid-19 sehingga belum bisa kami nyatakan sembuh atau kami izinkan pulang ke rumah,” katanya. c-uli

iklan atas

Pos terkait

iklan atas