46 Positif, Zona Merah Meluas

  • Whatsapp
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Jumlah pasien yang dinyatakan positif Covid-19 di Kalimantan Tengah (Kalteng) terus bertambah. Hingga 19 April 2020, sejumlah daerah terjadi penambahan kasus positif Covid-19. Total pasien yang dinyatakan positif Covid-19 sudah mencapai 46 orang. Angka ini meningkat setelah sejumlah daerah baru mendapatkan hasil pemeriksaan laboratorium yang menyatakan beberapa pasien dinyatakan positif.

Ketua Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Kalteng yang juga Gubernur Kalteng Sugianto Sabran mengatakan, data terbaru yang dirilis angka pasien yang dinyatakan positif Covid-19 kembali bertambah. Beberapa daerah yang terjadi kasus positif Covid-19 adalah Kotawaringin Barat, Kotawaringin Timur, Palangka Raya, Katingan, Barito Utara dan Murung Raya.

“Penambahan di beberapa daerah ini membuat angka positif Covid-19 di Kalteng juga bertambah menjadi total 46 pasien. Terdapatnya beberapa kasus positif Covid-19 ini pula, membuat daerah tersebut masuk dalam kategori zona merah. Di Kalteng sekarang ini ada 9 daerah yang masuk zona merah, 4 daerah zona kuning, dan 1 daerah zona hijau,” kata Sugianto, saat menyampaikan data terbaru terkait Covid-19 di Kalteng, Minggu (19/4).
Dikatakan Sugianto, 46 pasien yang dinyatakan positif tersebut terdiri atas 36 pasien dalam perawatan, 8 pasien dinyatakan sembuh, dan 2 pasien meninggal dunia. Di tengah meningkatnya pasien yang dinyatakan positif Covid-19 ini, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) mengalami penurunan. Ada pengurangan sebanyak 5 pasien PDP, sehingga total PDP saat ini 81 pasien.

Penurunan juga terjadi pada Orang Dalam Pemantauan (ODP). Jumlah ODP di Kalteng sekarang ini turun sebanyak 34 orang, dari sebelumnya 301 orang menjadi 267. Penurunan cukup tajam ini diharapkan terus terjadi, sehingga angka Covid-19 di Kalteng terus ditekan sampai habis.

Karena itu, perlu dukungan seluruh masyarakat Palangka Raya untuk dapat melaksanakan kebijakan pemerintah dengan menjalankan social distancing dan physical distancing, serta perilaku hidup bersih.
Sementara itu, di Indonesia sendiri, berdasarkan data www.covid19.go.id sampai dengan 19 April 2020 pukul 16.00 WIB, positif Covid-19 bertambah 327 pasien, dari sebelumnya 6.248 pasien menjadi 6.575. Sebanyak 686 di antaranya sembuh atau bertambah 55 dari sebelumnya 631, sementara angka meninggal dunia mencapai 582 pasien, tersebar di 34 provinsi di Indonesia.

Tingkat dunia, terdapat 213 negara atau kawasan yang terdampak Covid-19. Dari semua negara tersebut, terdapat 2.331.099 kasus Covid-19 yang terkonfirmasi, dengan angka kematian mencapai 160.952 pasien, sementara yang sembuh mencapai 598.584 pasien.

3 OTG Kobar Positif
Dari Kabupaten Kotawaringan Barat (Kobar) dilaporkan 3 orang kembali positif tertular. Mereka adalah Orang Tanpa Gejala (OTG), tapi setelah hasil swab Laboratorium Litbangdes Surabaya diterima, ternyata positif Covid-19. Dengan demikian, RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun kini merawat 11 pasien yang positif Covid-19, sebelumnya hanya 8 orang.

“Hasil swab sampel dari Laboratorium Litbangkes Surabaya yang menyatakan 3 OTG positif virus Corona baru kami terima pada Jumat (17/4) malam. Ketiga orang ini ada dari klaster rombongan jemaah tabligh dan 1 pasien kontak langsung dengan pasien positif yang sebelumnya,” kata juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kobar Achmad Rois dalam konferensi pers, Sabtu (18/4).

Dijelaskan, ketiga pasien yang baru dinyatakan positif ini berasal dari Kelurahan Baru Kecamatan Arut Selatan, Desa Umpang Kecamatan Arut Selatan dan Desa Lada Mandala Jaya Kecamatan Pangkalan Lada.

Katingan 2 Orang
Kasus Covid-19 di Kabupaten Katingan seminggu yang lalu hanya 1 orang, kini bertambah 1 orang, sehingga menjadi 2 orang. Demikian dikatakan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Katingan dr Robertus kepada sejumlah media, Sabtu.

Menurut Robertus, kedua orang yang dinyatakan positif menderita Covid-19 itu merupakan 2 dari 4 orang pasien yang beberapa waktu lalu dievakuasi ke RSUD Murdjani Sampit, Kotim.

“Pasien ini dinyatakan positif menderita Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan sampel yang dikirim ke Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Provinsi Jawa Timur (Jatim) Surabaya,” terangnya, tanpa menyebutkan nama ataupun inisial serta alamat pasien yang bersangkutan.

Kotim Bertambah Jadi 4
Jumlah pasien positif Covid-19 di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mengalami penambahan. Jika awalnya pasien positif hanya 3 orang kini jumlahnya bertambah 1 sehingga total menjadi 4 orang.

Kepala Diskominfo Kotim yang juga juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Kotim Multazam K Anwar mengatakan, penambahan pasien positif berasal dari kenaikan status Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang telah dirawat di ruang isolasi RSUD dr Murjani Sampit.

“Jumlah positif bertambah satu orang, ini berasal dari PDP dan masih dalam klaster Gowa,” ujarnya, Sabtu.

Barut-Mura Zona Merah
Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Barito Utara (Barut) H Siswandoyo mengatakan, di daerahnya terdapat 34 ODP dan 15 PDP yang tersebar di sejumlah kecamatan. Dari jumlah tersebut ditemukan 3 orang yang positif terpapar Covid-19 di Kecamatan Teweh Tengah. Ketiga orang yang positif itu merupakan klaster Gowa, Sulawesi Selatan.

Sementara di Kabupaten Murung Raya (Mura), berdasarkan hasil pemeriksaan PCR, ditemukan 2 orang yang positif terpapar virus Corona. Kedua orang itu berasal dari Kecamatan Murung. Dengan adanya pasien positif Covid-19, Barut dan Mura kini masuk dalam zona merah.

Sementara itu di Kabupaten Barito Timur, satu orang PDP asal Kecamatan Pematang Karau meninggal dunia di RSUD dr Doris Sylvanus Palangka Raya.

Meskipun status pasien meninggal adalah PDP dan belum ada hasil resmi swab dari laboratorium di Surabaya, namun demi keamanan semua pihak, almarhumah langsung dimakamkan dengan menggunakan standar operasi prosedur pemakaman pasien Covid-19. ded/c-uli/c-dar/c-may/c-ryu/c-sjs/s-yus

iklan atas

Pos terkait

iklan atas