10 OTG Kembali Jalani Pengambilan Swab Sampel

  • Whatsapp

PANGKALAN BUN/tabengan.com – Sebanyak 10 Orang Tanpa Gejala (OTG) yang tengah menjalani karantina di rumah sakit darurat penanganan Covid-19 di Klinik Kusuma, Minggu (19/4/2020), kembali dilakukan pengambilan swab sampel dan langsung dikirim ke Balai Besar Laboratorium Kesehatan Surabaya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Barat melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Acmad Sulkan mengatakan, awalnya ada 13 OTG yang menjalani karantina sejak tanggal 7 April 2020 di rumah sakit darurat penanganan Covid-19 di Klinik Kusuma. Dari ke-13 OTG itu telah menjalani pemeriksaan swab sampel dengan hasil 3 OTG dinyatakan positif Covid-19 dan 10 OTG negatif. Untuk 3 OTG yang berstatus positif terinfeksi Covid-19 langsung dipindahkan keruangan Isolasi Rumah Sakit Sultan Imanuddin Pangkalan Bun.

“Sesuai standar protokol kesehatan untuk pemeriksaan swab sampel harus dilakukan sebanyak 2 kali, jadi untuk 10 OTG yang hasilnya swab sampel pertama negatif, hari ini Minggu (19/4) kembali kita lakukan pengambilan sampel swabnya dan langsung kita kirim ke Surabaya yang kebetulan hari ini ada penerbangan ke Surabaya. Begitu pun untuk 3 OTG yang kini positif terinfeksi Covid-19 tetap dilakukan ulang pengambilan swab sampelnya,” kata Ahmad Sulkan kepada Tabengan, Minggu.

Menurutnya, ada 6 orang tim medis yang melakukan pengambilan swab sampel terhadap 10 OTG di Klinik Kusuma, yang secara keseluruhan total pengiriman sampel sebanyak 19 sampel swab, termasuk 9 sampel swab milik pasien Covid-19 yang ada di ruangan isolasi Rumah Sakit Sultan Imanuddin Pangkalan Bun. c-uli

Pos terkait