Positif Covid-19 di Katingan Menjadi 2 Orang

  • Whatsapp
Positif Covid-19 di Katingan Menjadi 2 Orang
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Katingan dr Robertus
iklan atas

KASONGAN/tabengan.com – Kasus Covid-19 di Kabupaten Katingan seminggu yang lalu hanya 1 orang, kini bertambah 1 orang, sehingga menjadi 2 orang. Demikian dikatakan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Katingan dr Robertus kepada sejumlah media, Sabtu (18/4/2020) sore tadi.

Kedua orang yang dinyatakan positif menderita Covid-19 dimaksud, menurut Robert, merupakan 2 dari 4 orang pasien yang beberapa waktu lalu dievakuasi ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Murdjani Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).

“Pasien ini dinyatakan positif menderita Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan sampel yang dikirim ke Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Provinsi Jawa Timur (Jatim) Surabaya,” terangnya, tanpa menyebutkan nama ataupun inisial serta alamat pasien yang bersangkutan.

Kendati 2 orang pasien ini dinyatakan positif menderita Covid-19, namun petugas media di RSUD Murdjani Sampit terus berupaya untuk melakukan perawatan dan pengobatan hingga sembuh.

“Setelah dilakukan perawatan dan pengobatan, dan dinyatakan sembuh nantinya, yang bersangkutan akan diperkenankan untuk pulang ke rumahnya masing-masing,” ujarnya.

Meskipun sudah dinyatakan sembuh dan tinggal di rumahnya masing-masing, lanjutnya, namun yang bersangkutan diminta untuk melakukan karantina mandiri atau tidak keluar rumah selama 14 hari sesuai dengan permintaan tenaga medis.

Dengan bertambahnya kasus Covid-19 di Bumi Penyang Hinje Simpei, mantan Direktur RSUD Mas Amsyar ini meminta kepada seluruh masyarakat Katingan agar bersungguh-sungguh melakukan pencegahan dan antisipasi, dengan cara menggunakan masker ketika keluar rumah atau bepergian baik berjalan kaki, menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Terkait dengan status Orang Dalam Pemantauan (OPD), dirinya meminta dengan tegas agar tidak keluar rumah sementara waktu atau selama beberapa hari sesuai dengan ketentuan dan petunjuk dari pemerintah.

“Sedangkan semua kebutuhan rumah tangga seperti sembako akan dibantu oleh pemerintah setiap hari selama yang bersangkutan diyatakan ODP,” tandasnya. c-dar

iklan atas

Pos terkait

iklan atas