Waspada Pencatutan Nama PWI Minta Bantuan Covid-19

  • Whatsapp

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalteng HM Haris Sadikin mengingatkan kepada mitra kerja PWI supaya mewaspadai oknum atau kelompok tertentu yang mencatut nama PWI meminta bantuan di tengah pandemi Covid-19.

Menghindar hal demikian, para mitra kerja PWI diharapkan dapat langsung mengonfirmasi terlebih dulu ke pengurus PWI untuk memastikan bahwa permohonan bantuan benar-benar resmi dari PWI, sehingga bantuan tidak salah sasaran.

“Kami banyak menerima laporan dari para mitra kerja, kalau banyak wartawan yang mengaku anggota PWI ataupun yang mengatasnamakan PWI meminta bantuan. Kami mohon para mitra kerja tidak sepenuhnya memercayai hal itu,” kata Haris Sadikin, di Balai PWI Kalteng, Kamis (16/4/2020).

Menurutnya, memohon bantuan yang resmi hanya keluar dari Pengurus PWI, baik provinsi maupun kabupaten. Sehingga apabila ada yang mengatasnamakan organisasi maupun anggota PWI yang meminta bantuan, harap mitra kerja menghubungi Pengurus PWI Provinsi dan PWI Kabupaten.

“Jadi apabila ada oknum yang meminta bantuan membawa nama PWI, mohon para mitra kerja dapat menghubungi saya ke nomor 0831-4324-7077, atau Sekretaris PWI Kalteng Ika Lelunu di nomor 0852-4668-0852,” tegasnya.

Itu penting dilakukan, tambahnya, agar para mitra kerja tidak tertipu dengan oknum tidak bertanggung jawab mengatasnamakan organisasi PWI. Bila kejadian serupa terjadi di kabupaten, PWI Kalteng siap memfasilitasi untuk menghubungkan dengan Pengurus PWI Kabupaten se-Kalteng.

“Memang tidak bisa dihindari jika wartawan merupakan salah satu orang yang rentan tertular dan terdampak Covid-19. Sebab, wartawan banyak bekerja di lapangan dan bertemu banyak orang. Ini yang menjadi alasan banyak oknum tidak bertanggung jawab membawa nama wartawan atau organisasi PWI,” ucapnya.

Di sisi lain, Haris juga mengucapkan terima kasih kepada para mitra kerja yang dengan sukarela memberikan bantuan kepada wartawan yang bekerja di lapangan. Namun hendaknya, bantuan disalurkan dengan benar agar tepat sasaran. Selain itu, dia tetap mengimbau kepada mitra kerja peduli kepada wartawan yang bertugas di lapangan. ist/adn

Pos terkait