Derita Ojol dan Taxol di Tengah Wabah Covid-19

  • Whatsapp
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Wabah Covid-19 membawa derita diberbagai sektor dan tatanan sosial maupun ekonomi, khususnya bagi ekonomi menengah ke bawah seperti ojek online (ojol) dan taxi online (taxol).

Hidayat, pelaku usaha ojol mengaku pendapatannya turun drastis. Hal ini disebabkan dilburkannya sekolah-sekolah dan perkantoran sehingga pelanggan yang biasanya memakai jasa antar jemput ojol mendadak berhenti melakukan order.

“Selama ini kan kita penghasilannya datang dari antar-jemput penumpang juga beli makanan,” ujarnya saat dibincangi Tabengan, Selasa (14/4).

Tambahnya pula, selama wabah Covid-19, untuk mencapai sepuluh orderan sangat sulit.

“Cari sepuluh orderan sudah susah, bisa sampai malam baru dapat. Gojek tetapkan sudah tidak ada limit lagi selamat Corona ini. Kalau dulu masih bisa santai, sekarang keluar dari pagi sampai malam badan capek penghasilan sedikit banget. Ditambah Sekolah libur, tempat resto juga tutup,” imbuhnya.

Hidayat juga mengatakan, paling banyak saat pulang dirinya membawa uang Rp50.000. “Itu belum dipotong minyak, makan, dan ngopi,” tandasnya.

Hidayat berharap bahwa lembaga keuangan tidak memberikan harapan palsu mengenai stimulus dan relaksasi.

“Mau kami ada penundaan angsuran untuk sementara waktu. Janji Relaksasi tapi kenyataanya lain dari yang diharapkan. Memperpanjang limit waktu, tapi angsuran jalan terus, maunya ditunda berapa bulan gitu. Karena uang kami prioritaskan keperluan lain,” keluhnya.

Sementara acil Nisa, pelaku usaha ojol wanita yang selalu membawa serta anaknya yang masih balita juga mengaku hal yang sama dengan rekannya Hidayat. Dia sudah 1 tahun lebih menggeluti usaha ojol.

“Orderan sekarang 40 persen saja karena sepi. Biasa harapkan orderan anak sekolah, orang pulang kantor, juga order makanan,” ujarnya.

Di tempat lain, Setyo pengemudi taxi online juga mengaku sulit untuk mengaktifkan orderan, karena tidak sebanding dengan biaya BBM yang ke terpakai. “Tidak bisa membawa sesuatu untuk anak istri saat pulang ke rumah,” keluhnya. dsn

iklan atas

Pos terkait

iklan atas