Rektor UMP Apresiasi Langkah Gubernur Sumbang Gaji Rp 9 Miliar Atasi Covid-19

  • Whatsapp

PALANGKA RAYA/tabengan.com – H Sugianto Sabran telah menyatakan akan menyumbangkan seluruh gaji yang diterimanya selaku Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) untuk penanganan dampak Covid-19. Niatan tersebut mendapat respon positif sejumlah pihak, termasuk Rektor Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMP) Dr Sonedi MPd.

Penegasan Gubernur terkait sumbangan gaji itu disampaikannya saat menggelar rapat koordinasi via video confrence dengan seluruh Bupati/Wali Kota se-Kalteng, di Istana Isen Mulang, Palangka Raya, Senin (13/4) kemarin.

Dikatakan Gubernur, seluruh pendapatannya berupa gaji, tunjangan, serta honorarium selama 5 tahun menjabat bakal dialokasikan untuk masyarakat Bumi Tambun Bungai yang terdampak pandemi Covid-19. Jumlahnya mencapai Rp 9 miliar.

Menurut Rektor UMP Sonedi, aksi mulia Gubernur tersebut patut diapresiasi seluruh pihak karena akan sangat membantu masyarakat di tengah mewabahnya flu Corona saat ini. Dia berharap, langkah Gubernur ini dapat dicontoh pihak-pihak lain yang berkelebihan kemampuan.

“Mewakili civitas akademika UMP, kami menyambut baik ikhtiar dari Bapak Gubernur serta sikap kedermawanan beliau yang ingin menyumbangkan gaji dan tunjangannya selama 5 tahun menjabat,” ujar Sonedi kepada awak media, Selasa (14/4).

Dijelaskan Sonedi, dampak Covid-19 serta proses penanggulangannya sangat dirasakan seluruh lapisan masyarakat, terutama kalangan bawah.

“Cukup banyak masyarakat Kalteng khususnya yang kehilangan mata pencaharian akibat Covid-19 ini,” lanjutnya.

Sonedi merekomendasikan agar bentuk bantuan itu nantinya berupa paket sembako untuk pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat. Dengan adanya bantuan sembako itu, diharapkan masyarakat dapat menjalankan arahan pemerintah untuk tetap tinggal di rumah sehingga mata rantai penyebaran Covid-19 dapat diputuskan. **/dor

Pos terkait