DPC Demokrat Se-Kalteng Diminta Bentuk Badan Amil Zakat

  • Whatsapp

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) kembali menunjukkan kepeduliannya terhadap masyarakat di Bumi Tambun Bungai di tengah wabah virus Corona (Covid 19). Jika sebelumnya melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah tempat, kali ini akan membentuk badan amil zakat.

Sekretaris DPD Partai Demokrat Provinsi Kalteng Junaidi menyampaikan, menindaklanjuti arahan dari Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dan Ketua DPD Kalteng H Nadalsyah, mengimbau kepada Ketua dan Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat di 13 kabupaten dan 1 kota untuk membentuk badan amil zakat.

“Dalam rangka membantu meringankan beban para duafa dalam menghadapi musibah Covid-19, apalagi memasuki bulan Ramadan, maka kepada Ketua DPC se-Kalteng agar bisa membentuk Badan Amil Zakat, Infaq dan Sedekah Partai Demokrat Kabupaten masing-masing,” kata Junaidi, Selasa (14/4/2020).

Badan amil zakat tersebut bertugas mengumpulkan zakat, infaq dan sedekah pengurus dan kader Partai Demokrat dan kemudian menyalurkannya kepada para duafa, fakir msikin dan para janda miskin maupun yang lainnya yang berhak untuk menerima zakat, infaq dan sedekah.

Untuk sementara ini, lanjut Junadi, di DPD Kalteng titipan zakat yang sudah siap sebanyak empat ribu (4.000) paket dan uang tunai sebanyak Rp30 juta. Rencananya akan dibagi pada Minggu pertama Ramadan. Bantuan ini diharapkan dapat bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan dan meringankan beban terhadap kebutuhan pokok ditengah wabah virus Corona.

Sementara itu, H Nadalsyah mengatakan, Badan Amil Zakat ini dibentuk untuk menampung kader-kader Partai Demokrat beragama muslim yang mau berzakat di bulan suci Ramadan, mau berinfaq maupun bersedekah silakan. Zakat yang sudah terkumpul di DPD saat ini sudah ribuan paket. Untuk mekanisme pembagiannya akan diatur lagi dibawah komando Sekretaris DPD Partai Demokrat. Jumlah paket nanti masih bisa bertambah lagi.

“Insya Allah nanti ada lagi rencana pembagian zakat, setelah bagi yang ada saat ini. Yang lain itu diharapkan di DPC Partai Demokrat di kabupaten dan kotanya masing-masing. Pembagiannya akan dilakukan pada saat Ramadan. Sekaligus mengantisipasi kesenjangan sosial masyarakat mengahadapi bulan suci Ramadan dan dengan adanya virus Corona ini kami ingin bantu masyarakat,” kata Nadalsyah. yml

Pos terkait