Bandara Tjilik Riwut Persingkat Jam Operasional

  • Whatsapp
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com- Penurunan jumlah penumpang pesawat akibat dampak Covid-19 yang semakin meluas, menyebabkan PT Angkasa Pura II (Persero) Bandar Udara Tjilik Riwut Palangka Raya mengubah jam operasional Bandara.

“PT Angkasa Pura II (Persero) Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya melakukan penyesuaian jam operasional guna optimalisasi layanan dan mendukung pencegahan penyebaran Covid-19,” kata Siswanto, Executive General Manager PT Angkasa Pura II (Persero) Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya, Sabtu (11/4/2020).

Jam operasional terbaru Bandara Tjilik Riwut yang diterapkan pada periode Siaga Covid-19 sesuai NOTAM C0410/20, menjadi pukul 05.00 sampai 18.00 WIB terhitung mulai tanggal 10 April-11 Mei 2020 dari sebelumnya pukul 05.00-20.30 WIB.

“Kebijakan ini telah mendapat persetujuan dari regulator dengan diterbitkannya Notice to Airman (NOTAM) oleh Airnav Indonesia terkait jam operasional Bandara. Terdapat 12 Bandara di bawah pengelolaan PT Angkasa Pura II (Persero) yang dilakukan penyesuaian jam operasional Bandara,” terangnya.

Meski jam operasional dipersingkat, tambah Siswanto, Bandara tetap siaga apabila ada pesawat yang mengalami kendala teknis dan operasional serta membutuhkan Bandara untuk mendarat. Juga siaga jika ada penerbangan terkait medis dan penerbangan logistik khususnya yang mengangkut sampel infection substance Covid-19.

“Selain itu, Bandara juga tetap dibuka jika ada pesawat yang terpaksa mendarat di luar jam operasional Bandara karena misalnya ada keterlambatan keberangkatan di titik origin dan lain sebagainya,” ujar Siswanto.

Siswanto mengatakan, dipersingkatnya jam operasional dapat menjaga aspek kesehatan traveler dan personel Bandara. Pihaknya sudah melakukan penyesuaian pola operasional dan penyesuaian jam operasional, sehingga memungkinkan diterapkannya konsep work from home dan physical distancing bagi personel operasional di Bandara. dsn

iklan atas

Pos terkait

iklan atas