Agar Tidak Bias, Informasi Harus Disertai Data Valid

  • Whatsapp
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Informasi perkembangan penyebaran dan penanganan kasus Covid-19 di Kalimantan Tengah selalu menjadi perhatian masyarakat.

Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran selaku Ketua Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Kalteng menyampaikan bahwa ia sangat menyadari kebutuhan informasi yang diperlukan masyarakat.

“Namun, pola penyampaian informasi tersebut harus diatur dengan baik, disertai keakuratan data yang valid, sehingga tidak menimbulkan bias informasi di masyarakat,” ujarnya.

Gubernur selaku Ketua Gugus mengambil kebijakan, informasi berupa siaran pers secara live melalui media sosial cukup dilakukan 3 kali dalam seminggu, untuk menyampaikan hal-hal yang bersifat khusus. Sementara update data dilakukan pada 4 hari lainnya, bisa dipantau melalui website resmi https://corona.kalteng.go.id.

“Kebijakan ini diambil untuk mengurangi bahkan berupaya meniadakan pertemuan langsung, sebagai wujud implementasi dari physical distancing,” ujarnya melalui rilis yang diterima Tabengan, Kamis (9/4/2020) malam.

Karena apapun upaya yang dilakukan, apabila tidak taat untuk tidak berkumpul dan tidak berkerumun, tidak kontak fisik, dan hidup dengan pola yang sehat, semua upaya itu tidak akan membuahkan hasil.

Ditegaskannya, tugas Ketua Gugus bukan hanya terbatas menangani fenomena Corona, namun juga selaku gubernur harus memastikan pemerintahan tetap berjalan dengan baik.

Serta penanganan dampak sosial dan ekonomi, seperti ketersediaan pangan, menurunnya pendapatan masyarakat, Pemutusan hubungan kerja (PHK) dan lain-lain, harus ditangani bersamaan dan serius.ist/dkw

iklan atas

Pos terkait

iklan atas