Penumpang Sepi, Sejumlah Maskapai di Kalteng Batalkan Penerbangan

  • Whatsapp
PALANGKA RAYA/tabengan.com- Meluasnya  pandemi Covid-19 membawa dampak penurunan pada jumlah penumpang pesawat terbang.

Hal tersebut membuat sejumlah maskapai penerbangan di Kalteng mereschedule jadwal penerbangan yang ada. Seperti yang terjadi pada maskapai Lion Air, membatalkan penerbangannya, Kamis (9/4/2020).

Siswanto, EGM Angkasa Pura, mengonfirmasi kejadian tersebut terkait wabah Covid-19 dan juga imbauan dari pemerintah dalam upaya pencegahan Covid-19 untuk tidak keluar rumah/bepergian bila bukan karena hal penting.

“Turunnya jumlah penumpang pesawat udara karena dampak meluasnya pandemi Covid-19, dengan terpaksa perusahaan penerbangan menyesuaikan operasional pesawat udara,” beber Siswanto.

Siswanto menambahkan, penerbangan untuk maskapai Batik Air tujuan Palangka Raya-Yogyakarta pun untuk sementara waktu tidak beroperasi.

“Alasan operasional penumpang sedikit imbas Covid-19 juga sepertinya,” tandasnya.

Siswanto menyebut, beberapa maskapai yang membatalkan penerbangannya, antara lain Lion Air rute Palangka Raya-Jakarta dan Palangka Raya-Solo. Wings Air Sampit/Pangkalan Bun, Citilink Palangka Raya-Surabaya, Batik Air Palangka Raya-Yogyakarta dan  Trannusa Palangka Raya-Balikpapan.

Terpisah, Manager Lion Wilayah Kalselteng, Danang membenarkan adanya pembatalan penerbangan tersebut pada Kamis (9/4/2020).

“Benar, hari ini PKY-YIA cancel flight,” katanya.

Danang menambahkan, Lion Air Group akan selalu melakukan analisis atau kajian pasar. Pihaknya terus dan masih memantau perkembangan hari per hari dan mengikuti setiap kebijakan yang dikeluarkan pemerintah serta rekomendasi perusahaan.

“Fokus Lion Air Group saat ini adalah memastikan seluruh awak pesawat, staf dan penumpang yang menggunakan jasa Lion Air Group aman, dengan tetap mengedepankan aspek keselamatan, keamanan, kenyamanan penerbangan,” tandasnya. dsn

Pos terkait