Ibadah Nisfu Sya’ban di Rumah Saja

  • Whatsapp

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya melalui Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Palangka Raya, terdiri dari Dinas Perhubungan (Dishub), Satpol PP dan TNI/Polri yang dipimpin Perwira Pengendali Ipda I Ketut Warsa mengimbau warga setempat agar melaksanakan ibadah Nisfu Sya’ban di rumah saja.

Kepala Dishub Kota Palangka Raya Alman Pakpahan menerangkan, rombongan berkesempatan mengunjungi sejumlah tempat ibadah untuk melakukan sosialisasi, antara lain Masjid Nurul Hikmah Jalan Mendawai I, Langgar Hidayatul Mihajirin Jalan Mendawi V, dan Langgar Syamsul Qamar Jalan Mendawai II.

Alman menjelaskan, sosialisasi perlu dilakukan mengingat situasi saat ini tidak memungkinkan masyarakat untuk berkumpul di suatu tempat, seperti pelaksanaan ibadah yang mengundang banyak orang.

Terlebih pemerintah daerah telah mengeluarkan edaran untuk membatasi aktivitas di luar rumah sementara waktu hingga kondisi kembali memungkinkan.

“Sebelumnya kita memohon maaf kepada masyarakat atas ketidaknyamanan ini, kami melarang bukan tanpa sebab. Hal ini dilakukan demi keselamatan, keamanan dan kenyamanan masyarakat agar tidak terpapar Covid-19. Semoga semua elemen masyarakat yang ingin melaksanakannya dapat memahami dan mempertimbangkannya,” kata dia.

Alman menambahkan, selama pelaksanaan operasi pihaknya telah melakukan pendekatan humanis dan persuasif kepada kelompok-kelompok masyarakat serta melakukan koordinasi bersama dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Palangka Raya.

“Kita patut bersyukur semua warga dapat mengerti dan mendengarkan apa yang kita jelaskan. Tugas kita dalam situasi saat ini memang sungguh berat. Akan tetapi ini semua untuk keselamatan kita bersama juga,” pungkasnya.

Malam Nisfu Sya’ban diperingati setiap tanggal 15 Syaban. Tahun ini, 15 Sya’ban 1441 Hijriah jatuh pada Rabu, 8 April 2020. Umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak ibadah sejak malam harinya dan dilanjutkan dengan puasa sunah keesokan harinya. rgb

Pos terkait