Pandemi Covid-19, Gugus Tugas: Waspadai OTG

  • Whatsapp
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Kasus yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Provinsi Kalteng ini, hampir semuanya terinfeksi dari luar Kalteng. Sehingga tidak berpergian dan tetap di rumah saja menjadi solusi terbaik.

“Saat ini kita dikejutkan dengan adanya Orang Tanpa Gejala (OTG). Ini adalah orang yang sudah terinfeksi Covid-19, namun tidak terjadi gangguan kesehatan,” ujar Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, melalui Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalteng, Leonard S. Ampung, saat press release di Media Center Covid-19, Kantor Gubernur Kalteng, Selasa (7/04).

“Ini patut kita waspadai, karena berpotensi tinggi menjadi paktor penularan di tengah masyarakat,” tegasnya.

Karena, di satu sisi, OTG tersebut tidak mengalami keluhan apapun, namun disis lain masih banyak masyarakat yang belum melaksanakan ketentuan physical distancing, menjaga jarak, ujarnya.

Sehingga kami harapkan ini menjadi perhatian kita bersama, tetap di rumah, gunakan masker apabila keluar lumah, mencuci tangan menggunakan sabun dan air sebagai panggal untuk mencegah dan memutus mata ratai penularan Covid-19.

Lebih lanjut ia mengatakan, menyusul dikeluarkannya PP No 21/2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam penanganan Covid 19 ini, maka Pak Gubernur Kalteng menetapka tentang pembatasan arus masuk orang yang datang dari luar Kalteng.

Sebagai tindaklanjutnya, lanjutnya, telah didirikan posko pemeriksaan pada lintas batas provinsi dan di Kota Palangka Raya, bekerjasama dengan Satpol PP, TNI dan Polri.

“Kita harapkan kabupaten lainnya, terutama yang zona merah untuk melakukan hal yang serupa (mendirikan pos pemeriksaan),” ujarnya.

Sehingga kami sangat mengharapkan dukungan masyarakat, agar mengikuti segala prosedur yang ada pada pos-pos pemeriksaan pada simpul-simpul transportasi tersebut, pungkasnya. dkw

iklan atas

Pos terkait

iklan atas