Misa Pekan Suci dan Paskah Ditiadakan

  • Whatsapp
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Sejumlah pemimpin lembaga keagamaan Kristen dan Katolik di Kalteng mengimbau umatnya melaksanakan ibadah pra Paskah dan Perayaan Paskah (Pekan Suci bagi umat Katolik) dalam waktu dekat ini, di rumah masing-masing untuk memutuskan rantai penyebaran Covid-19.

Ketua Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) Kalteng Pdt Medio mengatakan, tahun ini ibadah Jumat Agung dan Paskah dengan terpaksa ditiadakan.

“Untuk tahun ini acara di kuburan ditiadakan, penyalaan lilin petugas khusus saja. Paskah di rumah masing-masing,” ujar Medio saat dikonfirmasi Tabengan melalui WhatsApp, Senin (6/4).

Djiono, Staf Kanwil Kemenag Kalteng, mengatakan, sebaiknya acara yang biasa dilakukan di pemakaman-pemakaman pada Perayaan Paskah ditunda agar tidak terjadi penumpukan massa.

“Terlepas dari itu, dari sisi teologis tidak ada dasar Biblikalnya,” ujarnya.

Imbauan agar tidak melaksanakan kegiatan ibadah Jumat Agung dan Paskah juga datang dari Kardinel, Pembimas Kristen Kemenag Kalteng.

Kardinel mengatakan, sesuai edaran dari Kemenag Bimas Kristen Pusat, terkait pelaksanaan Perjamuan Kudus pada Jumat Agung dan Paskah dalam rangka penanggulangan wabah Corona Virus Diseases-19 (Covid-19), Direktorat Jenderal Bimas Kristen menawarkan alternatif yang dapat digunakan para pimpinan induk organisasi gereja/sinode seluruh Indonesia, pelaksanaan Perjamuan Kudus ditunda hingga bencana pandemi Covid-19 selesai. Melaksanakan Perjamuan Kudus di rumah sesuai dengan tata gereja masing-masing.

“Begitu pula dengan Perayaan Paskah, Direktorat Jenderal Bimas Kristen Pusat mengimbau kepada pimpinan gereja secara nasional agar dilaksanakan di rumah masing-masing,” tandasnya.

Terpisah, Uskup Kota Palangka Raya mengatakan, Misa Pekan Suci dilaksanakan lewat live streaming Komsos keuskupan.

Senada, Romo Yohanes Lulus Widodo juga mengatakan bahwa sesuai dengan imbauan agar melakukan physical distancing dalam pencegahan penyebaran Covid-19, Misa dilakukan melalui streaming atau online. dsn

iklan atas

Pos terkait

iklan atas