Dampak Covid-19, Seminar Nasional dan Internasional PPs UPR Ditunda

  • Whatsapp

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Kegiatan Seminar Nasional dan Internasional yang dijadwalkan akan digelar di Universitas Palangka Raya (UPR) bekerja sama dengan Forum Pimpinan Pascasarjana atau FORPIMPAS Wilayah Barat pada Juni 2020, akan ditunda hingga Oktober 2020 mendatang.

Penundaan itu, menurut Direktur Pascasarjana (PPs) UPR Prof Yetrie Ludang, diputuskan berdasarkan hasil kesepakatan rapat internal yang telah dilakukan. Ia menyampaikan bahwa kegiatan seminar ditunda sebagai dampak dari pandemi Covid-19 di hampir seluruh wilayah Indonesia.

“Hal itu mengingat adanya kondisi pandemi Covid-19 yang kian meluas di Indonesia, hingga kegiatan tersebut sangat tidak memungkinkan untuk digelar. Selain itu, dengan adanya pertimbangan atas anjuran pemerintah untuk tidak mengadakan kegiatan yang menimbulkan sebuah perkumpulan atau kerumunan, maka kita sepakat menunda hingga Oktober 2020 mendatang,” ujarnya ketika dihubungi melalui pesan WhatsApp, Selasa (7/8/2020).

Yetrie menyampaikan, kegiatan tersebut sebenarnya sangat memiliki nilai manfaat besar bagi para mahasiswa, terutama mereka yang sekarang menempuh pendidikan tinggi di program magister maupun program doktoral PPs UPR.

Diharapkan pula, pada momen Seminar Nasional dan Internasional nanti, dapat menjadi momen yang paling tepat untuk memfasilitasi sekaligus mendorong peningkatan karya ilmiah, baik itu mahasiswa maupun dosen melalui terbitan jurnal ilmiah.

“Ini bukan hanya untuk PPs UPR, tetapi juga untuk civitas akademika UPR secara keseluruhan serta perguruan tinggi lainnya,” imbuhnya.

Kegiatan seminar tersebut juga sebagai syarat bagi mahasiswa untuk maju ujian tertutup baik Program Studi S2 maupun S3, mengacu pada Aturan Panduan Akademik PPs UPR bahwa mahasiswa harus menerbitkan 1 jurnal dan sebagai presenter di Seminar Nasional maupun Internasional.

“Nah, nanti tinggal bagaimana mahasiswa dan dosen, bisa memanfaatkan peluang Seminar Nasional dan Internasional, atas kerja sama PPs UPR dengan FORPIMPAS Wilayah Barat tersebut,” ujar Yetrie.

Yetrie berharap, kegiatan tersebut mendapat dukungan dari semua pihak, demi menyukseskan pelaksanaan Seminar Nasional dan Internasional tersebut.

“Menjadi harapan bersama kedepannya, melalui penyelenggaraan kegiatan ini, dapat membawa dampak positif bagi kemajuan PPs UPR, umumnya UPR menghasilkan lulusan yang berkualitas, serta mampu bersaing sesuai semboyan PPs yaitu ‘Harati Bacahaya Kilau Bintang’, dalam rangka mendorong terwujudnya Menuju UPR Jaya Raya,” Pungkas Direktur PPs UPR ini. bob

Pos terkait