Pencuri Sarang Walet Ambruk Didor

  • Whatsapp
iklan atas

KASONGAN/tabengan.com – Bermaksud untung dengan cara jahat, malah buntung yang didapat. Peristiwa tersebut itu menimpa pencuri sarang burung walet di wilayah Hukum Polres Katingan.

Pelaku bersenpi berjumlah empat orang ini gagal melakukan aksinya bahkan satu orang pelaku Jn (40) warga Samba Katung Kecamatan Katingan Tengah mengalami luka-luka disekujur tubuhnya dan luka tembakan di bagian kaki kanannya.

Kapolres Katingan AKBP Andri Siswan Ansyah melalui Kapolsek Tewang Sanggalang garing dan Pulau malan Ipda Suwardi membenarkan kejadian percobaan pencurian sarang burung walet tersebut.

Menurut, Ipda Suwardi, peristiwa itu terjadi pada Minggu (5/5) sekitar pukul 22.00 WIB di ruas Jalan Tehang Lama simpang perhubungan Desa Hampalam.

Salah seorang pelaku berhasil diamankan sementara tiga orang teman pelaku lainnya yakni YY warga Desa Tewang Rangkang, KD dan DG warga Desa Samba Katung masih dalam pengejaran.

“Para pelaku dalam menjalankan aksinya menggunakan kendaraan roda dua dan membawa peralatan yang berhasil diamankan seperti gergaji, kikir, obeng, senter, bebsi berbebtuk bambu runcing, bahkan membawa sebuah senpi rakitan jenis revolver dengan dua buah amunisi aktif dan satu buah selongsong amunisi,” kata Ipda Suwardi, Senin (6/5).

Menurut Ipda Suwardi penangkapan pelaku berawal saat itu para pelaku mencoba melakukan pencurian digedung Walet milik Endang dengan cara mendatangi rumah penunggu dedung walet dengan mengetuk pintu untuk menyuruh penunggu bangunan, yakni Mambau alias mamah Hendara (56) membuka pintu dan keluar pondok akan tetapi tidak dihiraukan.

Lanjut Ipda Suwardi, karena tidak dihiraukan, akhirnya pelaku berpindah untuk mendatangi pondok disebelahnya namun karena dilokasi pondok milik Darson banyak memelihara anjing membuat para para pelaku tidak jadi dan kabur karena anjing-anjing milik Darson terus menggogong para pelaku.

“Disaat para pelaku kabur menuju arah Pendahara tersebut berpapasan dengan warga yang sebelumnya dihubungi salah satu penjaga sarang burung walet tersebut. karena panik, salah seorang pelaku terjatuh dari kendaraan. Setelah jatuh, pelaku juga sempat bersembunyi disemak-semak namun ditemukan warga, akhirnya dihakimi warga karena berusaha melawan warga,” ungkap Ipda Suwardi.

Pelaku juga sempat melawan petugas yang akan mengamankannya.

“Polsek yang ingin mengamankannya dengan terarah dan terukur terpaksa menembak kaki pelaku. Pelaku kemudian dibawa ke RSUD Mas Amsyar Kasongan untuk diberikan perawatan karena mengalami luka robek dikepala, luka didada, tungkai bawah seelah kana, tembakan dikaki kanan dan patah kaki kanan.

Menurut informasi dari pelaku jani bahwa diantara pelaku satu orang membawa sebuah Senpi rakitan sedangkan para pelaku yang kabur masih dalam lidik di lapangan oleh anggota Polsek dan Unit Reskrim Polres katingan,” kata Ipda Suwardi.c-sus

iklan atas

Pos terkait

iklan atas