BPBD Palangka Raya Bantu Disinfektan untuk Kelurahan

  • Whatsapp
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Penyebaran virus Corona atau Covid-19 di Palangka Raya tidak bisa dipungkiri sangat besar dampaknya bagi masyarakat dan pemerintah. Upaya pencegahan penyebaran virus terus dilakukan, sehingga jumlah pasien di Palangka Raya tidak terus bertambah. Jalur keluar masuk Palangka Raya diawasi dan dijaga ketat, termasuk penerapan social distancing dan physical distancing, juga penyemprotan disinfektan.

Kepala BPBD Palangka Raya yang juga Kepala Gugus Tugas Covid-10 Palangka Raya Emi Abriyani mengatakan, beberapa memang mampu dijalankan dengan sangat baik. Namun, masalah penyemprotan disinfektan memiliki cerita yang berbeda. Terbatasnya sumber daya manusia (SDM) dalam melakukan penyemprotan, membuat sejumlah titik tidak disemprot.

Menyikapi hal itu, kata Emi, BPBD Palangka Raya mengambil langkah dengan mendistribusikan atau menyalurkan cairan disinfektan ke kelurahan yang ada di Palangka Raya. Di sini nantinya, pihak kelurahan yang akan secara swadaya melakukan penyemprotan. Harapannya, apa yang didistribusikan ke kelurahan ini, akan mampu untuk mengcover wilayah masing-masing.

“Penyemprotan yang dilakukan BPBD Palangka Raya bersama dengan relawan, dan dengan bantuan dari masing-masing kelurahan, tentunya akan sangat mendukung dan memperbanyak titik-titik yang dilakukan penyemprotan. Tidak itu saja, dukungan dari pihak kelurahan tentunya akan meringankan beban petugas dan relawan,” kata Emi, saat menyampaikan distribusi dan bantuan disinfektan bagi kelurahan, Senin (6/4/2020), di Palangka Raya.

Dia katakan, penyemprotan disinfektan yang dilakukan memang untuk membunuh virus, sehingga tidak terpapar ke manusia. Karena itu, distribusi disinfektan yang diberikan kepada pihak kelurahan diharapkan dapat memperluas areal yang dilakukan penyemprotan. Petugas dan relawan juga bisa berkoordinasi dengan kelurahan, mana yang sudah, dan mana yang belum disemprotkan disinfektan.

Semua upaya, ungkap Emi, terus dilakukan pemerintah dalam menekan penyebaran virus Covid-19 di Palangka Raya. Semakin luasnya penyemprotan, diharapkan mampu menekan penyebaran virus, dan orang yang terpapar juga semakin ditekan jumlahnya.ded

iklan atas

Pos terkait

iklan atas