Perusahaan Diharapkan Tetap Berproduksi

  • Whatsapp
Perusahaan Diharapkan Tetap Berproduksi
Syahril Tarigan

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Di tengah pandemi corona virus atau Covid-19 saat ini, diharapkan roda perekonomian di daerah ini tetap berjalan. Sehingga seluruh perusahaan di daerah ini diharapkan agar tetap berproduksi semaksimal mungkin.

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, melalui Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Rivianus Syahril Tarigan, saat press release di Media Center Covid-19, Kantor Gubernur Kalteng, kemarin, di bidang ketenagakerjaan, maka hal yang utama yang harus dilajukan adalah pencegahan penyebarannya di lingkungan pekerja.

Saat ini sudah ada instruksi Gubernur Kalteng No 188.5.54/23/2020 tertanggal 17 Maret 2020. Dalam instruksi itu, ujar Syahril, meminta seluruh perusahaan diharapkan agar tetap berproduksi semaksimal mungkin, dengan menghindari melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) atau merumahkan pekerja.

Selain itu, juga tidak mendatangka Tenaga Kerja Asing (TKA) baru, maupun tenaga kerja antardaerah yang baru. Namun tetap mempertahankan tenaga kerja yang ada, sampai kondisi ini (pandemi Covid-19) berubah.

Membatasi semaksimal mungkin pergerakan pekerja, termasuk unsur pimpinan, untuk tidak meninggalkan daerah baik dalam rangka cuti maupun dalam rangka tugas.

Dan juga tidak menerima tamu, jika tidak terpaksa. Dan dalam hal yang sangat terpaksa, ada pekerja yang harus datang, termasuk tamu, maka kepadanya wajib diterabkan proses karantina mandiri selama 14 hari, di bawah pemantauan tenaga kesehatan setempat.

Selain itu, juga melakukan langkah-langkah pencegahan di tempat kerja, terutama melakukan sosial distancing dan sebagainya, ujar Syahril yang juga sebagai Anggota Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalteng.

“Ini yang perlu dilakukan. Ini merupakan tanggungjawab kita bersama dalam pencegahan penularan Covid-19 di tempat kerja,” tegasnya. dkw

Pos terkait