Zona Merah, Pemko Palangka Raya Rutin Semprot Disinfektan

  • Whatsapp
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya sadar sekarang ini Palangka Raya ditetapkan masuk dalam kategori zona merah, karena terdapat pasien positif Covid-19. Tidak itu saja, Palangka Raya juga menjadi penyumbang Orang Dalam Pengawasan (ODP) dan Pasien Dalam Pemantauan (PDP) yang cukup besar bagi Kalteng.

Tidak saja mengimbau untuk berada di rumah apabila tidak ada keperluan mendesak, Pemko juga secara rutin melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah titik, khususnya kelurahan yang masuk dalam kategori zona merah. Sejumlah pihak dilibatkan dalam penyemprotan tersebut demi menekan penyebaran Covid-19 di Palangka Raya.

Suvervisor PUSDALOPS-PB BPBD Kota Palangka Raya Balap Sipet mengatakan, penyemprotan menjadi agenda rutin yang dilakukan sekarang ini. Penyemprotan dilakukan dalam mendukung langkah masyarakat yang sudah melakukan social distancing dan physical distancing. Harapan besar, sikap masyarakat dan penyemprotan disinfektan ini membuat angka penyebaran virus Covid-19 di Palangka Raya terus menurun.

“Ada sejumlah titik yang dilakukan penyemprotan. Di antaranya Kelurahan Kalampangan, perkantoran dan fasilitas pendidikan, dan sejumlah titik berupa jalan-jalan yang sudah disusun sesuai dengan jadwal yang ditetapkan. Kegiatan penyemprotan sendiri, melibatkan sejumlah personel dari berbagai instansi,” kata Balap, saat menyampaikan kegiatan penyemprotan yang dilakukan Tim Gugus Tugas Covid-19 Palangka Raya, Kamis (2/4/2020), di Palangka Raya.

Tim yang dilibatkan, kata Balap, ada dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Palangka Raya, pemadam kebakaran, Dinas Kesehatan Palangka Raya, Banser NU, Balakar Palngka Sari, MDMC Palangka Raya, Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) Pinus Permai, BPK Borneo, Amin Subur, dan Relawan Seth Adji.

Total personel, ungkap Balap, ada 114 personel yang dilibatkan dalam proses penyemprotan ini. Setiap kali akan dilakukan penyemprotan disinfektan, terlebih dahulu akan dilakukan koordinasi dengan perwakilan warga setempat, dan juga diminta untuk dapat mendokumentasikan kegiatan penyemprotan.

Harapan besar, kata Balap, kasus Covid-19 ini dapat segera berakhir. Mekanisme penyemprotan yang dilakukan tim dari pemerintah Palangka Raya, semakin mempercepat memutus rantai penyebarannya. Masyarakat juga diminta untuk senantiasa menjaga kebersihan dan mengikuti imbauan pemerintah. ded

iklan atas

Pos terkait

iklan atas