Pemprov Akan Tangani Dampak Sosial Covid-19

  • Whatsapp

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Peristiwa mewabahnya Covid-19 saat ini akan berdampak pada sejumlah sektor. Untuk itu, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) terus berupaya melakukan penanganan dampak sosialnya, terutama bagi masyarakat yang terdampak.

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran mengatakan, selain penanganan dari segi kesehatannya, namun dampak sosialnya juga akan menjadi perhatian pihaknya. “Pemerintah Provinsi akan tangani dampak sosialnya,” ujarnya, pekan lalu.

Namun saat disinggung terkait stimulus bagi para pelaku usaha yang terdampak, Sugianto mengatakan, Pemerintah Pusat belum melakukan itu dan Pemerintah Provinsi akan menangani dampak sosialnya yang utama.

Jika pemprov mau melakukan stimulus bagi para pelaku usaha yang terdampak, ujar Sugianto, maka harus dilihat dari kesiapan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD).

Kendati demikian, bagi para pelaku UKM akan diberikan bantuan, namun saat ini masih diatur. “Masih kita rapatkan,” ujarnya.

Sebelumnya Gubernur Kalteng tersebut mengatakan, orang yang terdampak kasus Covid-19 ini, keluarganya akan dibantu sembilan bahan pokok. “Kita bantu, yang terkena dampaknya ini (covid 19) kita siapkan (bantuan),” ujarnya.

Sementara itu Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial Kalteng Budi Santoso mengatakan, untuk penerima bantuan ini masih didata oleh Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalteng.

Namun yang akan dibantu tersebut adalah berupa sembako, khusunya bagi yang terdampak di wilayah Palangka Raya.

Sementara sembako yang ingin dibagikan sudah dipersiapkan Badan Penangulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPB-PK) Kalteng.

Sedangkan Plt Kalaksa BPB-PK Kalteng Darliansjah mengatakan, saat ini Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 sedang menyusun formulasinya. “Intinya Gubernur konsen untuk mengatasi Corona, termasuk memberikan jaminan sosial bagi masyarakat yang terdampak, terutama yang ODP dan PDP,” ujarnya. dkw

Pos terkait