Pemkab Kotim Akan Sediakan 2.000 Alat Rapid Rest

  • Whatsapp
iklan atas

SAMPIT/tabengan.com – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Pemkab Kotim) akan menyediakan ribuan alat rapid test untuk masyarakat setempat. Sekretaris Daerah (Sekda) Kotim Halikinnor mengaku pihaknya segera akan memesan alat rapid test atau alat uji cepat yang digunakan untuk tes massal mendeteksi virus Corona atau Covid-19.

“Kita akan pesan sebanyak 2.000 unit rapid test untuk dapat mendeteksi cepat bagi warga yang dicurigai terkena virus Corona,” ujarnya Selasa (31/3/2020).

Menurut Halikin, pihaknya sudah menyiapkan anggaran sekitar Rp1,5 miliar untuk pembelian alat rapid test yang dipergunakan mendeteksi virus Corona menggunakan darah sebagai sampelnya itu. Diharapkan dengan tersedianya alat rapid test nantinya mempermudah pihak tenaga medis untuk mendeteksi cepat bagi warga yang diduga terserang virus Corona.

Pemkab Kotim sudah menyiapkan berbagai kemungkinan jika wabah virus Corona semakin menyebar luas. Di antaranya dengan menyiapkan dana untuk pembelian sembako bagi warga tidak mampu, operasi pasar jika harga sembako di pasaran melambung tinggi serta menyiapkan kondisi rumah sakit jika rumah sakit di Palangka Raya sudah tidak mampu menampung pasien positif Corona.

“Kita sudah bahas semua mengenai antisipasi dan penanganan ini semua biaya diperkirakan mencapai Rp47 miliar yang kita butuhkan dalam waktu segera,” tuturnya.

Sementara ini, kata Halikin, untuk menutupi dana anggaran penanganan Corona di Kotim pihaknya sudah memangkas dan menggeser beberapa mata anggaran. Seperti kegiatan perjalanan dinas dan kegiatan yang dinilai belum penting semua dibatalkan. Di samping itu, ia juga mengapresiasi keterlibatan dunia usaha untuk mendukung pemerintah dalam hal memerangi wabah Corona.

Ia berharap para pelaku dunia usaha yang lain dapat turut pula berpartisipasi memberikan bantuan kepada personel yang menjadi garda terdepan dalam melakukan antisipasi dan penanganan Covid 19 di Kotim.c-may

iklan atas

Pos terkait

iklan atas