Desinfeksi Mandiri Harus Tetap Perhatikan Aturan

  • Whatsapp
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Kalangan DPRD Kota Palangka Raya mengapresiasi aksi masyarakat yang melakukan penyemprotan desinfektan (desinfeksi) secara mandiri di lingkungannya masing-masing.

Hal ini sebagai langkah mencegah penyebaran pandemi virus Corona (Covid-19) di Kota Cantik dan diharapkan segera diikuti masyarakat di wilayah lainnya.

Seperti dikabarkan sebelumnya, masyarakat di Kelurahan Katimpun, Kelurahan Panarung, maupun di Kelurahan Palangka Raya melakukan penyemprotan desinfektan secara mandiri dan swadaya bersama.

Ketua Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Beta Syailendra tentu mendukung upaya masyarakat melakukan penyemprotan yang didasari rasa kebersamaan dan gotong-royong, untuk menangkal penyebarannya.

“Kita sangat mendukung apa yang telah dilakukan masyarakat untuk bersama-sama mengurangi wabah yang ada saat ini. Di samping pemerintah telah berupaya melakukan pencegahan secara masif melalui tim gugus tugasnya, inisiatif masyarakat ini pun turut membantu dan memudahkan kita dalam memutus mata rantai penyebaran virus Corona,” katanya, Selasa (31/3).

Namun Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) mengingatkan kepada masyarakat yang melakukan desinfeksi secara mandiri agar memperhatikan kaidah dan standar kesehatan yang diberlakukan Kementerian Kesehatan.

Sebab bagaimanapun juga, cairan desinfektan bermanfaat untuk membunuh virus dan kuman, namun juga berbahaya bagi kesehatan manusia.

“Proses dan takaran pencampuran bahan desinfektan harus diperhatikan, agar memiliki dosis yang tepat untuk membunuh virus Corona secara efektif. Selain itu penggunaan alat pelindung diri (APD) bagi mereka yang bersangkutan sangat penting, sebab residu dari cairan desinfektan berbahaya. Yang jelas, masyarakat harus terlebih dahulu memastikan bagaimana standar kesehatan yang tepat dalam melakukan desinfeksi itu,” jelasnya.

Untuk itu dirinya meminta kepada pemerintah bisa melakukan pendampingan dan sosialisasi bagi masyarakat yang berinisiatif melakukan desinfeksi secara mandiri. Selain untuk meningkatkan efektivitas dalam langkah pencegahan penyebaran virus Corona, juga untuk memastikan mereka yang bekerja tetap terlindungi kesehatannya.rgb

iklan atas

Pos terkait

iklan atas