Kotim Akan Sediakan 7.000 APD untuk Keperluan Tenaga Medis

  • Whatsapp

SAMPIT/tabengan.com – Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) H Supian Hadi berencana akan menyediakan 7.000 lembar alat pelindung diri (APD) untuk para tenaga medis yang ada di wilayah itu. Meskipun saat ini wilayah Kotim masih berstatus hijau atau belum terdampak kasus Corona, menurutnya penyediaan APD untuk tenaga medis sangat diperlukan jika sewaktu-waktu di Kotim ditemukan kasus positif Corona.

“Kita perlu kesiapan alat, jika sewaktu-waktu ada kasus di sini. Untuk itu saya akan memesan APD sebanyak 7.000 lembar untuk keperluan tenaga medis,” ujarnya Senin (30/3/2020).

Biaya untuk pembelian APD akan dibebankan ke APBD dengan memangkas beberapa pos anggaran, seperti pengadaan alat perlengkapan seluruh ASN dan beberapa pos anggaran lainnya. Sebab untuk membeli APD memerlukan biaya yang cukup banyak karena harga APD per lembarnya senilai Rp500 ribu.

“Dikalikan saja Rp500 ribu untuk 7.000 lembar. Belum lagi APD itu sekarang susah dicari. Untuk itu saya memutuskan memangkas beberapa anggaran yang menurut saya masih belum perlu dilaksanakan,” tuturnya.

Selama ini untuk melakukan pencegahan kasus Corona di Kotim, kata Supian, pihaknya menggunakan anggaran biaya tak terduga yang bernilai sekitar Rp1 miliar. Sejauh ini dana yang sudah digunakan mencapai kurang lebih Rp700 juta. Sehingga dana yang tersisa hanya berkisar Rp300 juta. Untuk menutupi kebutuhan tersebut ia juga sudah meminta kepada pihak perusahaan besar swasta yang beroperasi di Kotim untuk turut melakukan bantuan sosial. Bantuan sosial yang diberikan bisa berupa apa saja seperti APD, masker atau keperluan untuk penyemprotan disinfektan. Pihaknya hanya menerima bantuan berupa barang tidak berupa uang tunai.

“Saya sudah menyurati seluruh PBS yang berinvestasi di Kotim agar melakukan bantuan sosial. Sejauh ini sudah ada beberapa perusahaan yang membantu peralatan dan bahan penyemprotan disinfektan,” terangnya. c-may

Pos terkait