Masyarakat Juga Harus Waspada Penyakit Musim Penghujan

  • Whatsapp

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Kalangan DPRD Kota Palangka Raya meminta kepada masyarakat untuk mewaspadai musim penghujan yang saat ini masih terjadi di wilayah kota setempat.

Seperti dikatakan anggota Komisi C bidang kesejahteraan rakyat DPRD Kota Palangka Raya, Anna Agustina Elsye. Ia mengingatkan kondisi kota saat ini sering diguyur hujan dengan intensitas cukup tinggi.

“Karena itu masyarakat diimbau untuk waspada. Tak hanya waspada pada bencana alam musiman, namun juga waspada terhadap penyebaran DBD, diare maupun penyakit musim penghujan lainnya,” katanya kepada Tabengan, belum lama ini.

Legislator dari partai Gerindra ini mengungkapkan, penyakit seperti diare, muntaber, dan demam berdarah, tak hanya menyerang anak-anak saja, tetapi juga orang dewasa.

“Jika ada anak yang terkena muntaber, bukan mustahil jika seisi rumah bisa tertular. Untuk menghindari hal tersebut, kami imbau masyarakat Kota Palangka Raya agar dapat menjaga dan menasehati anak-anaknya agar tidak jajan sembarangan. Harus terjamin kebersihannya. Juga biasakan untuk cuci tangan,” ajaknya.

Salah satu hal yang lebih penting, tambah Anna, adalah masyarakat jangan sampai terlambat untuk memberikan penanganan apabila ada salah satu anggota keluarga terkena penyakit seperti diare, muntaber ataupun demam berdarah.

Tanda-tanda awal saat terkena penyakit harus diwaspadai, segera dibawa ke rumah sakit atau puskesmas terdekat untuk mendapatkan perawatan.

“Biasanya seperti demam tinggi, muntah-muntah diiringi dengan sakit perut itu menjadi gejala awal. Selaku orang tua, kita harus cepat tanggap memberikan penanganan kepada anak maupun anggota keluarga lainnya,” sebut Anna Agustina.

Ia juga mengingatkan partisipasi aktif dari masyarakat setempat. Apabila ada kasus penyakit menular yang disebabkan perubahan cuaca di lingkungan sekitar, segera melaporkan kepada petugas kesehatan terdekat.rgb

Pos terkait