Pura-pura Cari Ikan, Pencuri Kuras Rumah Warga

  • Whatsapp

SAMPIT/tabengan.com – Saat ini banyak modus yang dilakukan oleh pelaku kejahatan untuk memuluskan aksi mereka. Seperti yang dilakukan Fathur (31), pria ini berpura-pura mencari ikan dengan menggunakan tombak di dekat rumah warga. Padahal, dia mengincar rumah yang sedang kosong atau pemiliknya lengah, lalu menguras isi rumah tersebut.

Kali ini, dia beraksi di sebuah rumah di Jalan Taman Siswa II Nomor 66 RT 060 RW 007 Kelurahan Baamang Tengah Kecamatan Baamang, Jumat (27/3) dini hari. Pelaku akhirnya berhasil ditangkap setelah korbannya melaporkan peristiwa ini kepada polisi.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, peristiwa pencurian ini bermula saat korban yang bangun tidur, dan melihat jendela ruang keluarga di rumahnya dalam keadaan terbuka sedikit. Setelah melihat jendela terbuka, korban mengecek di dalam rumah, dan melihat barang-barang miliknya sudah tidak ada atau hilang.

Barang-barang yang dicuri oleh pelaku antara lain sebuah dompet kulit yang berisikan surat-surat penting. Kemudian dompet kain warna biru yang berisi uang sekitar Rp3 juta. Kemudian sebuah dompet kain warna putih yang berisi telepon seluler dan barang berharga lainnya yang total kerugiannya mencapai Rp15 juta. Pelaku masuk ke dalam rumah korban melewati jendela ruang keluarga yang pada saat itu jendela dalam keadaan tertutup, namun tidak dikunci.

Korban kemudian melaporkan peristiwa ini ke polisi. Aparat yang menerima laporan tersebut akhirnya berhasil menangkap pelaku bersama dengan barang sejumlah barang bukti hasil kejahatannya.

“Pelaku sudah kita tangkap. Modus pelaku adalah dengan berpura pura mencari ikan menggunakan tombak ikan, kemudian sambil melihat apabila ada peluang untuk mencuri, pelaku langsung melakukan aksinya,” terang Kapolres Kotim AKBP Mohammad Rommel SIK melalui Kasat Reskrim AKP Ahmad Budi Martono, Senin (30/3/2020). c-arb

Pos terkait