Kalteng Akan Uji Sampel di Banjarbaru, Mudahan Hasilnya Lebih Cepat

  • Whatsapp
suyuti samsul
Suyuti Samsul

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Informasinya pekan depan laboratorium milik Kementerian Kesehatan RI di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, sudah bisa digunakan untuk melakukan pemeriksaan sampel darah pasien yang diduga terpapar Covid-19.

Maka itu, Kalteng juga akan memeriksakan sampel darah pasien yang diduga terpapar Covid-19 di daerah ini ke laboratorium di Banjarbaru, sehingga diharapkan hasilnya keluar lebih cepat.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng Suyuti Syamsul saat press rilis di Media Center Gugus Covid-19 Kalteng, Minggu (28/3/2020), mengatakan, Kalteng sudah diperbolehkan mulai minggu depan menggunakan laboratorium milik Kementerian Kesehatan RI di Banjarbaru.

“Mudah-mudahan minggu depan laboratorium tersebut memang sudah bisa digunakan, sehingga diharapkan hasil pemeriksaan sampel darah pasien yang diduga terpapar Covid-19 bisa keluar lebih cepat,” katanya.

Mengingat saat ini pemeriksaan sampel dilakukan di laboratorium di Jakarta, antreannya panjang dan hasilnya lama baru keluarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk yang di Banjarbaru ini, pihaknya sudah melakukan komunikasi dan saat ini mereka masih terkendala peralatan, namun minggu ini alatnya sudah datang.

Dikabarkan, Senin nanti mereka sudah bisa mulai terima pemeriksaan sampel darah pasien yang diduga terpapar Covid-19.

Jika Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya ditutup, maka dikirim sampel pemeriksaan tersebut ke Banjarbaru, Kalsel.

“Namun kalau Senin nanti mereka masih belum siap, maka sampel tersebut diinapkan dulu, selanjutnya baru dikirim ke Surabaya, Jawa Timur,” ujarnya.dkw

Pos terkait