Cegah Wabah Covid-19, Harus Berani Tutup Jalur Transportasi

  • Whatsapp

PANGKALAN BUN/tabengan.com – Dalam upaya antisipasi penyebaran virus Corona di wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat, diharapkan pemerintah daerah tegas demi menyelamatkan masyarakat dari ganasnya virus tersebut. Hal itu diungkapkan Wakil Ketua 2 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kobar Bambang Suherman, Sabtu (28/3/2020), melalui telepon seluler.

“Kita jangan lengah karena penyebaran virus Corona ini makin luas, meskipun saat ini Kabupaten Kobar masih negatif Covid-19, tetapi Palangka Raya saat ini 5 orang positif terinfeksi Covid-19, ini yang harus kita waspadai. Kobar sangat strategis sehingga dengan mudah terjangkau. Demi menyelamatkan masyarakat Kobar, kami sangat mendukung jika Bupati Kobar ambil langkah tegas menutup jalur transportasi dari dan ke Kobar,” kata Bambang Suherman.

Miisalnya jalur dari Kalimantan Barat dan kota-kota lainnya karena saat ini infrastruktur jalan menuju Kobar sangat mudah ditunjang kondisi jalan yang baik, sehingga masih tinggi mobilisasi ke Kobar. Hal ini sangat berisiko besar terhadap penyebaran virus Corona.

“Penutupan sementara akses transportasi dari dan ke Kobar semata-mata demi menyelamatkan masyarakat, selain jika akses transportasi telah ditutup, perlu juga didirikan Posko untuk pemeriksaan. Kendaraan yang diperbolehkan melintas kecuali kendaraan yang paling urgen yaitu angkutan logistik, angkutan APK kesehatan yang sangat diperlukan. Langkah ini dibutuhkan keberanian dari pimpinan daerah, kami akan dukung itu,” ujar Bambang Suherman.

Sebab menurut Bambang, daerah lain telah banyak lakukan itu, mengingat penyebaran virus Corona ini sangat cepat sehingga daerah perlu lakukan langkah penutupan wilayah untuk sementara waktu. c-uli

Pos terkait