Libur Sekolah Diperpanjang 14 Hari

  • Whatsapp

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, dalam suratnya No 443.1/26/DISDIK dengan perihal, Protokol Statis Tanggap Darurat Bencana Pandemi Covid-19 di lingkup Pendidikan Kalteng.

Surat tersebut ditandatangani tertanggal 26 Maret 2020, yang ditujukan kepada Bupati/Walikota se Kalteng.

Gubernur Kalteng memerintahkan kepada seluruh bupati dan walikota melakukan pengalihan proses belajar mengajar ke rumah pada semua jenjang pendidikan, yang semula berakhir pada Selasa 31 Maret 2020 diperpanjang hingga 14 hari ke depan yakni Selasa 14 April 2020.

Sementara untuk ujian nasional (UN) di Kalteng dibatalkan, sehingga UN tidak menjadi syarat kelulusan atau seleksi masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Selain itu, pembatalan UN maka proses penyetaraan bagi lulusan program paket A, B, dan C akan ditentukan kemudian.

Sedangkan untuk ujian sekolah (US) 2020 juga dibatalkan. Dengan dibatalkannya US maka penilaian dapat dilakukan dalam bentuk portofolio nilai rapor dan prestasi yang diperoleh sebelumnya penugasan tes daring dan atau bentuk asesmen jarak jauh lainnya.

Adapun penentuan kelulusan ditetapkan oleh sekolah berdasarkan hasil rapat dewan guru, kelulusan Sekolah Dasar sederajat ditentukan berdasarkan nilai 5 semester terakhir yakni kelas 4 kelas 5 dan kelas 6 semester gasal. Nilai semester genap kelas 6 dapat digunakan sebagai tambahan nilai kelulusan.

Kelulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat dan Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat ditentukan berdasarkan nilai raport, portofolio dan nilai praktis selama 5 semester terakhir. Nilai semester genap tahun akhir dapat digunakan sebagai tambahan nilai kelulusan.

Kelulusan sekolah menengah kejuruan SMK sederajat ditentukan berdasarkan nilai raport, praktik kerja lapangan, portofolio dan nilai praktis selama 5 semester terakhir. Nilai semester genap tahun 2 tahun terakhir dapat digunakan sebagai tambahan nilai kelulusan

Sedangkan untuk kenaikan kelas dilaksanakan dengan ketentuan sebagai berikut, ujian akhir semester untuk kenaikan kelas dalam bentuk teks yang di mengumpulkan siswa tidak boleh dilakukan, kecuali yang telah dilaksanakan sebelumnya.

Ujian akhir semester untuk kenaikan kelas dapat dilakukan dalam bentuk portofolio, nilai rapor dan prestasi yang diperoleh sebelumnya penugasan tes daring dan atau bentuk asesmen jarak jauh lainnya.

Sedangkan untuk penerimaan peserta didik baru dilaksanakan dengan ketentuan sebagai berikut, Dinas Pendidikan Kalteng, Kabupaten/Kota diminta menyiapkan mekanisme PPDB sesuai kewenangannya dengan mengikuti protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19 termasuk mencegah berkumpulnya siswa dan orang tua secara fisik di sekolah.

PPDB pada jalur prestasi dilaksanakan berdasarkan akumulasi nilai rapor ditentukan berdasarkan nilai 5 semester terakhir dan atau peserta akademik dan non akademik di luar rapor sekolah, dan seterusnya. dkw

Pos terkait