Budayakan Kembali Sikap Gemar Membaca

  • Whatsapp

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Era globalisasi serba digital dan online membuat sikap gemar membaca dikalangan generasi muda saat ini dirasakan menurun.

Hal itu diungkapkan anggota Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Hj Mukarramah setelah melihat banyaknya generasi muda yang menghabiskan waktunya hanya untuk bermain smartphone.

Memang, lanjut Mukarramah, perkembangan dan kemajuan jaman saat ini tidak bisa dihindari. Hanya saja, budaya membaca jangan sampai terlupakan.

“Membaca itu seperti pustaka ilmu dalam daya pikir manusia, yang tidak akan memberi efek negatif. Lain halnya ketika smartphone maupun gadget diandalkan untuk kehidupan sehari-hari, apabila tidak terkontrol dan digunakan dengan bijaksana maka dikhawatirkan malah merusak daya pikir anak-anak,” jelasnya, belum lama ini.

Perlu diingat, tambah Mukarramah, kurangnya sikap gemar membaca bagi kalangan generasi muda berdampak pada minimnya pengetahuan dan kepedulian terhadap kebudayaan bangsa serta kearifan lokal.

“Kenyataan demikian harus menjadi perhatian banyak pihak. Terutama pemerintah daerah harus terus mengajak dan membudayakan sikap gemar membaca pada setiap generasi,” kata politisi Partai NasDem ini.rgb

Pos terkait