Dampak Covid-19, Masyarakat Butuh Kompensasi Pemerintah

  • Whatsapp
INA PRAYAWATI
INA PRAYAWATI

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Dampak pandemi Covid-19 yang menghantam seluruh dunia, tidak hanya membahayakan kesehatan masyarakat, tapi juga ekonomi, terutama masyarakat menengah ke bawah.

Khususnya di Provinsi Kalteng, pemerintah daerah telah mengeluarkan kebijakan meliburkan aktivitas kantor, sekolah serta membatasi aktivitas masyarakat di luar rumah untuk memutus mata rantai penyebaran virus mematikan tersebut.

Namun, kebijakan itu tentunya memberikan dampak bagi masyarakat, khususnya kalangan menengah ke bawah. Sebab, dengan adanya pembatasan aktivitas, ruang gerak masyarakat untuk berusaha dalam rangka mencukupi kebutuhan hidupnya juga berkurang.

Hal ini mendapat sorotan serius dari Komisi II DPRD Kalteng yang membidangi masalah ekonomi dan sumber daya alam (SDA). Anggota Komisi II DPRD Kalteng Ina Prayawati saat dihubungi Tabengan, Jumat (27/3), mengapresiasi berbagai langkah pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Bumi Tambun Bungai.

Meski demikian, legislator dari Fraksi PDI Perjuangan ini juga mengingatkan kepada pemerintah untuk menyiapkan langkah selanjutnya dalam menanggulangi dampak kebijakan tersebut. Salah satunya, pemerintah bisa memikirkan serta membuat kebijakan bagaimana kompensasi untuk masyarakat, khususnya bagi masyarakat kurang mampu atau menengah ke bawah.

“Kondisi saat ini memang sangat sulit bagi masyarakat kita. Terlebih bagi masyarakat ekonomi menengah ke bawah yang apabila tidak bekerja maka sulit untuk menafkahi keluarganya. Hendaknya pihak pemerintah dapat memberikan kompensasi atau subsidi kepada masyarakat kita tersebut,” kata Ina, melalui pesan WhatsApp, kemarin.

Wakil rakyat dari daerah pemilihan (Dapil) IV, meliputi Kabupaten Murung Raya, Barito Utara, Barito Timur dan Barito Selatan ini menjelaskan, kompensasi atau subsidi dari pemerintah bisa berupa pembagian sembilan bahan pokok (sembako) kepada masyarakat ataupun dengan kebijakan lainnya yang bisa membantu masyarakat.

Anggota DPRD Kalteng tiga periode ini mengatakan, pemberian bantuan sembako tersebut dinilai sangat diperlukan oleh masyarakat. Karena itu, pihaknya sangat mengapresiasi apabila pihak pemerintah dapat memberikan kompensasi atau subsidi kepada masyarakat dengan kondisi saat ini. bob/sgh

Pos terkait