Kunjungan Disetop, Napi Rutan Lepas Rindu Lewat Video Call

  • Whatsapp

Tabengan.com – Semakin mewabahnya Covid-19 turut berdampak kepada pelayanan di UPT Pemasyarakatan. Mengantisipasi penyebaran virus, Rutan Palangka Raya kini telah menghentikan layanan kunjungan warga binaan pemasyarakatan (WBP). Komunikasi terhadap keluarga masih tetap diberikan kepada WBP dengan memanfaatkan fasilitas video call. Setidaknya tiga komputer telah disiapkan Rutan Palangka Raya sebagai sarana pelepas rindu WBP kepada keluarga.

Karutan Palangka Raya Akhmad Zaenal Fikri melalui KPLP Oktario, mengatakan meski layanan kunjungan ditiadakan WBP akan tetap bisa berkomunikasi dengan keluarganya. Dalam hal ini, keluarga WBP diharuskan menginstal aplikasi Google Duo sebagai sarana video call.

“Sejumlah komputer sudah kita siapkan sebagai pengganti komunikasi WBP dan keluarga. Peniadaan layanan kunjungan masih berlangsung sampai waktu yang ditentukan,” ucap Oktario, Rabu (25/3) pagi. Guna mengantisipasi masuknya Covid-19 ke dalam pemasyarakatan, pembersihan dan penyemprotan disinfektan juga telah dilakukan ke sejumlah ruangan di Rutan Palangka Raya.

Tak hanya itu, bagi tahanan baru dan tahanan yang baru saja pulang dari persidangan wajib dilakukan pemeriksaan suhu badan dan sterilisasi. “Hal ini juga berlaku bagi petugas yang masuk dan keluar dari Rutan Palangka Raya. Baik pemeriksaan suhu badan dan sterilisasi tubuh,” tuturnya. fwa

Pos terkait