Hari Raya Nyepi Tahun Baru 1942, Sigit : Jadikan Momen Doakan Keselamatan Umat

  • Whatsapp

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit K Yunianto turut mengucapkan selamat Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1942 kepada seluruh umat Hindu di Kota Palangka Raya.

Menurutnya, momen keagamaan di tengah merebaknya pandemi virus Covid-19 di 185 negara ini, tidak hanya meruntuhkan perekonomian dan seluruh sektor.

“Salah satunya, serangkaian prosesi untuk menyambut perayaan suci umat Hindu yakni Hari Raya Nyepi yang diperingati Rabu (25/3) ini. Namun dalam situasi yang tidak memungkinkan seperti ini kami berharap seluruh pemuka agama dapat berprasangka baik,” kata Sigit, Rabu (25/3).

Ketua Umum Asosiasi Dewan Kota Se-Indonesia (ADEKSI) periode 2020-2025 ini menambahkan, pemerintah tidak pernah melarang segala macam bentuk kegiatan keagamaan.

Namun selama pandemi virus Covid-19 ini masih belum tertangani, pihaknya berharap seluruh umat beragama, termasuk umat Hindu dapat menyikapi dengan lapang dada.

“Sebagai upaya pencegahan yang terbaik maka kegiatan yang melibatkan massa dalam jumlah banyak sebaiknya ditunda dulu demi menjaga agar memutus rantai penularan penularan virus Covid-19 dan meminimalisir potensi kita tertular,” ujarnya.

Lebih lanjut politisi PDI Perjuangan ini mengatakan pula, Pemerintah pada dasarnya memahami musibah ini sangat menyulitkan umat manusia untuk melaksanakan kegiatan keagamaan.

Untuk itu dirinya berharap agar melalui Hari Raya Suci Nyepi ini bisa dijadikan sebagai momen memanjatkan doa bagi umat Hindu untuk keselamatan bagi seluruh umat manusia.

“Secara seremonial rangkaian kegiatan Hari Raya Nyepi tetap dapat dilaksanakan, namun dianjurkan tidak melibatkan umat dalam jumlah yang banyak. Sekali lagi saya ucapkan Selamat Hari Raya Nyepi Bagi seluruh umat Hindu di Kota Palangka Raya. Meski ditengah wabah virus Covid-19, tidak mengurangi sedikitpun kekhusyukan umat Hindu untuk merayakannya,” pungkas Sigit. rgb

Pos terkait