Galian C Banyak Ilegal Marak

  • Whatsapp

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) mengaku sudah cukup banyak mengeluarkan izin Galian C di daerah ini, namun dinilai masih cukup banyak juga yang masih ilegal.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kalteng Suhaemi, saat ditemui di lingkungan Kantor Gubernur Kalteng, baru-baru ini mengatakan, untuk izin gakian C di daerah ini sudah cukup banyak yang dikeluarkan.

“Cukup banyak (izin yang dikeluarkan). Galian C ini hampir 600 lebih yang kita keluarkan, sejak 2018, 2019, sampai 2020 ini,” ujarnya.

Meski sudah cukup banyak yang sudah mengurus izin Gakian C tersebut, namun dinilai masih banyak juga masyarakat yang melakukan aktivitasnya dengan belum mengurus perizinnya.

Hal tersebut berdasarkan hasil pantauan kita, tim pengawas kita sudah turun ke beberapa kabupaten di daerah ini, termasuk juga informasi dari Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

“Masih banyak masyarakat yang melakukannya (pengerukan galian C) secara ilegal,” ujar mantan Kepala Dinas Sosial Kalteng ini lagi.

Padahal, ujar Suhaimi, dengan mengurus perizinan itu, maka mereka mempunyai kepastian hukum dan juga terjamin ekositemnya. Karena itu juga ada pernyataan terkait lingkungannya, layak atau tidaknya. dkw

Pos terkait