Pustu di Desa Manuntung Minim Fasilitas

  • Whatsapp
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Kalangan DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) kerap menerima sejumlah aspirasi dari konstituennya. Berbagai usulan di sektor penting yang mencakup lini kehidupan masyarakat di daerah, disampaikan agar dapat ditindaklanjuti. Salah satunya seperti yang disampaikan wakil rakyat dari daerah pemilihan (Dapil) V, meliputi Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) dan Kapuas Hj Rusita Irma.

Disebutkannya usulan yang perlu mendapat perhatian seperti di Kecamatan Dadahup Kabupaten Kapuas, dimana perlu perbaikan dan pembenahan Puskesmas Pembantu (Pustu) pada Desa Manuntung. “Konstituen di Manuntung menyampaikan sarana prasarana (sarpras) pustunya, harus jadi perhatian. Banyak kerusakan dibeberapa bagian bangunannya,” ujarnya disela-sela rapat kerja belum lama ini.

Sebut saja seperti atap bocor bahkan berlubang, membuat kondisi pustu cukup memprihatinkan. Bahkan petugas yang menjaganya juga sudah tidak ada, berakibat tidak terurusnya fasilitas kesehatan tersebut. Maka untuk itu diharapkan agar pemkab maupun pemprov, dapat menganggarkan perbaikan bangunan pustu tersebut ditahun mendatang.

Selain itu mereka juga berharap adanya penambahan satu unit mobil ambulance, sebagai sarana penting dalam menindaklanjuti persoalan kesehatan bersifat darurat. “Ada juga usulan dari Kecamatan Kapuas Murung menyangkut minim dan kurangnya alat kesehatan serta obat di faskes mereka,” ujar Anggota Komisi I tersebut.

Sementara itu soal kekurangan tenaga medis, juga masih jadi persoalan yang kerap jadi usulan. Ada harapan agar ditambahnya sejumlah petugas seperti tenaga medis, dokter umum, dokter gigi hingga dokter bidang gizi.

Wanita murah senyum tersebut juga menyampaikan permohonan alat transportasi kendaraan air, berupa kelotok. Tujuannya dalam upaya kelancaran bidang kesehatan, khususnya transportasi air ketika terjadi kondisi darurat. Beralih ke Desa Bina Jaya, ada harapan terkait permasalahan infrastruktur jalan, khususnya akses utama masyarakat.

“Mereka bermohon adanya jalan penghubung dari Desa Bina Jaya ke desa lain, serta perlunya jembatan penyeberangan sungai, sebagai penunjang akses masyarakat ke wilayah lainnya,” ujarnya mengakhiri. drn

iklan atas

Pos terkait

iklan atas