KONI Kotim Dukung Kegiatan Motorprix Open Race 2020

  • Whatsapp

SAMPIT/tabengan.com – Pelaksanaan kegiatan kejuaraan balap motor Motorprix Open Race 2020 di Taman Kota Sampit pada 7-8 Maret 2020 mendatang di kawasan Taman Kota Sampit dalam rangka HUT Kabupaten Kotim, mendapat dukungan penuh dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kotim.

Ketua KONI Kotim H Achyar Umar mengungkapkan, pelaksanaan kegiatan Motorprix ini juga sekaligus untuk mengetahui sejauh mana kesiapan atlet balap motor Kotim guna menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalteng tahun 2022 yang akan dilaksanakan di Kotim.

Bacaan Lainnya

“Kegiatan ini juga akan menjadi bahan evaluasi, sejauh mana perkembangan atlet balap motor Kotim. Apakah sudah mampu bersaing dengan atlet balap motor daerah lain. Kalau memang prestasinya masih kurang, maka pembinaan akan kita tingkatkan lagi,” terang Achyar, saat ditemui di Sekretariat KONI Kotim, Rabu (4/3/2020).

Disampaikan, pihaknya mengharapkan balap motor nantinya akan mampu menjadi lumbung medali untuk Kotim pada Porprov 2022.

“Memang untuk menggeser Palangka Raya sebagai juara umum di balap motor ini tentunya tidak mudah. Namun, kita akan terus berusaha dan meningkatkan pembinaan kita, salah satunya dengan menggelar kegiatan seperti ini,” lanjutnya.

Selain itu, tambah Achyar, melalui kegiatan ini pihaknya mengajak generasi muda Kotim khususnya yang mencintai olahraga balap motor untuk mengikuti kegiatan ini.

“Kegiatan ini juga untuk menyalurkan bakat generasi muda agar tidak lagi ikut balapan liar yang dapat membahayakan pengguna jalan, namun langsung bertanding di arena yang sesungguhnya yaitu di kejuaaraan Motorprix ini,” pungkasnya.

Sebelumnya, Ikatan Motor Indonesia (IMI) Kotim bersama Cipta Mentaya Production menyampaikan, segera menggelar kegiatan Motorprix Open Race 2020. Ketua Panitia kegiatan H Jumaeh mengatakan, event tersebut merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan minat olahraga khususnya otomotif.

“Dari ajang tersebut diharapkan muncul atlet motor yang berprestasi yang bisa mengangkat nama olahraga tersebut di tingkat Provinsi hingga tingkat nasional,” jelasnya.

Kegiatan ini sekaligus bertujuan menjadikan Kabupaten Kotim sebagai tujuan wisata yang bisa dikenal dalam hal dunia otomotif. Disamping juga kegiatan ini didukung penuh oleh Pemkab Kotim.

Kegiatan ini mempertandingkan kelas utama yaitu bebek 4 langkah 150 cc standart mix open, bebek 4 langkah 150 cc standart injeksi pabrik open, bebek 4 langkah 150 cc tune up mix open, bebek 4 langkah 125 cc standart mix open, bebek 4 langkah 125 cc standart mix kalteng, bebek 4 langkah 125 cc standart injeksi pabrik open, bebek 4 langkah 125 cc tune up mix open, bebek 2 langkah 116 cc standart open, bebek 2 langkah 116 cc standart kalteng, bebek 2 langkah 116 cc Kotim-Seruyan-Katingan-Kobar, bebek 2 langkah 116 cc standart diatas 30 Th (X-Rider), bebek 2 langkah 125 cc tune up diatas 30 Th (X-Rider), bebek 2 langkah 125 cc standart open, bebek 2 langkah 125 cc tune up open, matic130 cc standart wanita open, matic130 cc standart open, matic130 cc standart Kotim-Seruyan-Katingan-Kobar, matic150 cc bore up open, dan supermoto Kawasaki s/d 200 cc Open. Para rider akan memperebutkan trofi juara 1 sampai dengan V dengan total hadiah uang tunai Rp 111.000.000. c-arb

Pos terkait