Ada Pasien dalam Pengawasan Khusus di RSUD Doris Sylvanus, Terkait Corona?

  • Whatsapp
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com- Pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Doris Sylvanus Palangka Raya dan Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) memastikan sampai saat ini belum ada pasien terduga virus Corona (Covid-19) di rumah sakit milik pemerintah ini.

Namun ada keanehan, saat tim gabungan hendak meninjau kesiapan fasilitas, wartawan tidak diperkenankan ikut sehingga menimbulkan kecurigaan. Informasi yang berhasil dihimpun, saat ini ada dua pasien yang diterima oleh rumah sakit rujukan ini dalam kurun waktu dua hari, Senin dan Selasa. Dua pasien tersebut dalam pengawasan namun bukan terduga Corona.

Direktur RSUD dr Doris Sylvanus drg Yayuk Indrianti menyampaikan, samapia saat ini tidak ada laporan terkonfirmasi terkait kasus positif Corona. Namun untuk terduga ada kriterianya, ada dalam pemantauan dan pengawasan namun tidak ada laporan kasus positif.

“Laporan kasus terkonfirmasi positif tidaka ada untuk wilayah Provinsi Kalteng, kalau suspec ada kritereia, ada orang pemantauan, pengawasan, itu kita lakukan sesuai dengan prosedur sampai dengan saat ini belum terkonfirmasi positif,” kata Yayuk, Rabu (4/3).

Sebagai rumah sakit rujukan, pihaknya selalu siap siaga dan khusus tahun ini mengantisipasi Corona, sehingga rumah sakti Doris meningkatkan kewaspadaan. Rumah sakit dibantu dalam hal ini tim siaga provinsi yang bersama-sema dengan unsur terkait mewaspadai seluruh unsur kemungkinan atau faktor-faktor resiko mana saja yang bisa menyebabkan masuknya atau mewabahnya penyakit ini di Provinsi Kalteng.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi kalteng dr Suyuti Samsul menyampaikan, hingga saat ini tidak ada laporan kasus positif corona. Kendati demikian tetap perlu waspada. Misalnya ada pasien yang bisa menimbulkan penularan, akan ditempatkan di tempat khusus. Saat tinjau rumha sakit, ia melihat kesiapan sudah bagus.

“Saya ingin menyampaikan bahwa sampai detik ini kita belum ada yang terkena corona, negatif corona sampai saat ini, tapi memangkan kita perlu waspada, karena kewaspadaan kita itulah ada prosedur-prosedur yang perlu kita lakukan, tapi prosedur biasa saja sebetulnya di rumah sakit begitu,” imbuh Suyuti. yml

iklan atas

Pos terkait

iklan atas