Virus Corona, Masyarakat Diminta Jangan Panik

  • Whatsapp
Kuwu Senilawati
Kuwu Senilawati
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com – DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) meminta kepada masyarakat untuk tidak panik terkait merebaknya virus corona di Indonesia. Hal ini disampaikan Sekretaris Komisi III DPRD Kalteng, Kuwu Senilawati saat dibincangi Tabengan, di gedung dewan, Selasa (3/3).

Dia meminta masyarakat Kalteng tetap tenang dan tidak panik menyikapi soal virus corona yang masuk dibeberapa Negara saat ini. “Masyarakat tidak perlu panik, harus tetap tenang dan tetap melaksanakan aktivitas seperti biasa. Sebab hingga saat ini belum ada satu kasus yang terjadi di wilayah Kalteng,” kata Kuwu.

Bacaan Lainnya

iklan atas

Walau demikian, Kuwu tetap menghimbau masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan atau tetap menerapkan pola hidup sehat. “Kami sarankan agar masyarakat tetap menerapkan pola hidup sehat, yakni cuci tangan, gunakan masker kalau perlu saat di luar rumah serta agar menjaga daya tahan tubuh serta usahakan tidak pergi ke negara terjangkit virus corona,” tambah Kuwu.

Wakil rakyat dari daerah pemilihan (Dapil) I, meliputi Kabupaten Katingan, Gunung Mas (Gumas) dan Kota Palangka Raya ini juga mengharapkan agar masyarakat dapat menjaga etika kalau saat batuk, pilek, dan flu, sehingga tidak membuat takut orang disekitar. “Gunakan masker kalau perlu, untuk mengecek kesehatan atau segera ke fasilitas kesehatan terdekat,” ujarnya.

Lebih lanjut Kuwu juga menghimbau masyarakat agar tidak memborong masker atau sembako secara berlebihan. “Kami berharap instansi terkait dapat mengawasi ketersedian masker dan sembako. Bagi yang terbukti menimbun maskes dan sembako dengan tujuan untuk dijual dengan harga mahal, agar di berik sanksi tegas,” harapnya.

Legislator dari Fraksi Gerindra ini juga mengakui bahwa dampak dari virus corona sangat besar mempengaruhi kehidupan amsyarakat dunia bahkan Indonesia. Mengingat virus corona sudah merengut banyak korban nyawa di beberapa wilayah di China.

Sementara itu, saat ini juga pihak RSUD dr Doris Sylvanus Palangka Raya juga sudah menyiapkan dua ruang isolasi untuk menangani pasien corona. Dua ruang isolasi itu bisa menampung empat orang. Selain itu, pihak rumah sakit tersebut juga telah membentuk tim yang secara khusus, dengan melibatkan para dokter spesialis paru-paru, spesialis penyakit dalam, spesialis patologi klinik, dan spesialis mikrobiologi klinik, serta petugas medis lainnya untuk menangani virus yang pertama kali mewabah di Kota Wuhan.

“Kami apresiasi pihak rumah sakit yang sudah siap menghadapi kemungkinan penyebaran virus corona sampai ke daerah ini. Dan pihak rumah sakit juga sudah melakukan simulasi menghadapi pasien yang terinfeksi virus corona. Kita berdoa saja supaya jangan sampai ada warga Kalteng yang terjangkit virus itu,” pungkasnya. sgh

iklan atas

Pos terkait

iklan atas