GenBI Kalteng Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis

  • Whatsapp
Germas Sehat Bersama
Genbi Kalteng menggandeng Prodia Laboratorium Klinik untuk menggelar acara Germas Sehat Bersama, Sabtu (22/2). TABENGAN/ DANIEL

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Gerakan Baru Indonesia (Genbi) Kalteng menggandeng Prodia Laboratorium Klinik untuk menggelar acara Gerakan Masyarakat (Germas) Sehat Bersama, Sabtu (22/2) pagi.

Staf Kantor BI Kalteng Divisi Fungsi Komunikasi dan Kebijakan BI, Prastus, kepada Tabengan mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin dari Devisi Kesehatan GenBi, yang setidaknya akan digelar setiap tahun sebanyak 2 kali. Selain itu, lanjut dia, juga ada penyuluhan tentang donor darah dan persoalan lingkungan hidup.

“yang memperkarsai kegiatan ini adalah mahasiswa dan mahasiswi yang memperoleh beasiswa dari BI. Mereke menempuh pendidikan di Universitas Palangka Raya (UPR) dan IAIN,” ujar Prastus, di lokasi kegiatan

Lebih lanjut Prastus mengatakan, kegiatan semacam ini sering dilakukan oleh karena memiliki tujuan yang lain, yaitu agar mahasiswa-mahasiswi yang telah memperoleh beasiswa dari BI dapat belajar mengorganisir sebuah organisasi serta berinteraksi langsung dengan masyarakat.

Di tempat yang sama Fransisco, Ketua GenBi Kalteng mengatakan tujuan acara ini, adalah salah satu program kerja divisi kesehatan Genbi Kalteng. Kedua, ajak masyarakat lebih memaknai pentingnya kesehatan, sehingga menjadi membudayakan hidup sehat.

“Rencana dari pagi, ada acara senam sehat tapi berhubung cuaca tidak mendukung, hari ini hanya pemeriksaan kesehatan gratis” bebernya.

Sementara itu, Indra Lukman, mahasiswa IAIN Palangka Raya yang juga mengikuti kegiatan tersebut mengatakan, kegiatan Germas yang diadakan di taman Nyahu Papan Taliwu Jalan Seth Aji ini merupakan kegiatan bersama yang diprakarsai oleh mahasiswa/i UPR dan IAIN Palangka Raya.

Hal senada juga disampaikan Ade, Ketua Panitia kegiatan, yang menegaskan menekankan bahwa tujuan kegiatan agar masyarakat Kalteng khususnya di Palangka Raya, sadar tentang kesehatan, dan dapat berprilaku sehat dalam kesehariannya.

“Masyarakat sudah terbiasa adakan senam sehat di hari-hari tertentu, Selasa, Kamis dan Sabtu, jadi acara ini juga untuk mendukung dan memotivasi masyarakat untuk hidup sehat,” katanya.

Ade juga berharap, dilain waktu dapat melakukan kegiatan-kegiatan sosial yang bersentuhan dengan masyarakat secara langsung.

“Harapannya semoga bisa lebih baik, dapat adakan kegiatan semacam ini lagi dan lebih banyak yang menjadi peserta” imbuhnya. dsn

Pos terkait