Legislator Minta Pengawasan Tes CPNS Diperketat

  • Whatsapp
Noorkhalis Ridha
Noorkhalis Ridha
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Terhitung sejak Selasa (11/2) hingga 18 Februari mendatang, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kota Palangka Raya melaksanakan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dalam penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan pemerintah kota setempat.

Sedikitnya, 3 ribuan peserta dari sejumlah daerah bersaing ketat untuk mengisi formasi yang dibutuhkan pemerintah daerah.

Bacaan Lainnya

iklan atas

Dalam hal ini, Anggota Komisi A DPRD Kota Palangka Raya Noorkhalis Ridha angkat bicara. Ia meminta pihak terkait, khususnya BPSDM, memperketat pengawasan tes CPNS untuk meminimalisir kecurangan dan menghindari adanya calo.

“Sebelumnya kita apresiasi kinerja pemerintah kota, khususnya BPSDM yang pada penerimaan CPNS kali ini telah bekerja keras memberikan yang terbaik. Mengingat meningkatnya kebutuhan tenaga PNS berkompeten maka diperlukan seleksi yang bersih dan transparan,” kata legislator PAN tersebut, kemarin.

Dengan dilakukan seleksi secara bertahap, lanjutnya, diharap proses tersebut tidak terlalu menyulitkan peserta. Pengawalan dan pengawasan secara ketat tetap diperlukan untuk menghindari kecurangan yang merusak sistem seleksi yang bersih serta netral.

Ia juga berharap, dengan dihasilkannya tenaga PNS yang kompeten, bersih dan professional mampu meningkatkan kualitas pelayanan secara maksimal dan berintegritas, agar fungsi-fungsi pelayanan publik di pemko semakin baik serta professional.

“Dengan proses seleksi secara bertahap diharapkan dapat menghasilkan tenaga PNS yang berkompeten dan akuntable. Karena nantinya bagi para peserta yang lolos semua tahap seleksi dapat memberikan kinerja dalam pelayanan masyarakat secara maksimal. Hal tersebut mengingat kebutuhan tenaga PNS profesional sangat didambakan sebagai bentuk layanan kepada masyarakat,” harapnya.

Sebelumnya, Kepala BPSDM Kota Palangka Raya Sabirin Muhtar menegaskan proses seleksi dari awal pendataan administrasi berlangsung netral, tanpa ada kecurangan bahkan penggunaan jasa calo diminimalisir.

Terlebih pada tahap tes Seleksi Kemampuan Dasar (SKD), para peserta sebelum memasuki ruang ujian akan melalui proses verifikasi dan screening guna menghindari barang mencurigakan dan hal lainnya.rgb

iklan atas

Pos terkait

iklan atas