Jembatan Bajarum Akan Ditutup 2 Hari

  • Whatsapp
jembatan bajarum
Tampak Jembatan Mentaya atau Bajarum di Jalan Tjilik Riwut, Kecamatan Kota Besi, Kabupaten Kotim. ISTIMEWA

SAMPIT/tabengan.com – Jembatan Mentaya atau Bajarum di Jalan Tjilik Riwut, Kecamatan Kota Besi, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) akan ditutup sementara selama 2 hari.

Kepala Dinas Perhubungan Kotim Fadliannor membenarkan hal tersebut. Menurutnya, rencana penutupan akan dilakukan pada 29 Februari dan 1 Maret mendatang.

“Memang benar ada penutupan. Kami sudah meneruskan surat dari Kemen PU dan Perumahan Rakyat Dirjen Bina Marga Balai Besar Pelaksana Jalan Wilayah XI kepada Pemkab Kotim dan juga instansi terkait,” ujarnya, Rabu (5/2).

Dijelaskan Fadlian, dalam surat pemberitahuan tersebut, penutupan dilakukan dalam rangka evaluasi terhadap kondisi struktur eksisting jembatan.

Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi kerawanan kecelakaan lalu lintas terhadap pengendara kendaraan bermotor yang melintas di atas jembatan. Kegiatan yang akan dilaksanakan yakni pengujian statistik. Tujuannya, mengetahui kondisi struktur jembatan baik lendutan dan tegangan.

Pengujian dilakukan dengan cara memberi beban pada jembatan berupa truk bermuatan. Untuk itu, dibutuhkan penutupan sementara pada jembatan selama ujian berlangsung.

“Kita sudah koordinasi juga dengan Satlantas Polres Kotim karena nanti ada sistem buka tutup. Namun, itu semua dilakukan oleh pihak Balai karena kita hanya meneruskan,” terangnya.

Dalam surat tersebut dijadwalkan kegiatan mulai berlangsung pada 28 Februari mulai pukul 08.00-18.00 WIB dengan sistem buka. Kemudian pada 29 Februari mulai pukul 08.00-10.00 WIB instalasi sensor ke data logger dan setting, pukul 10.00-18.00 WIB pengukuran regangan menggunakan beban lalu lintas, pukul 22.00-24.00 WIB pengujian rentang bentang 1 untuk jadwal tersebut akan dilakukan sistem tutup.

Kemudian pada 1 Maret pukul 00.00-00.30 WIB jeda buka lalu lintas, pukul 00.30-02.30 WIB jadwal pengujian rentang bentang 2 yang akan dilakukan sistem tutup. Kemudiam 02.30-03.30 WIB kembali sistem buka dan pukul 03.30- 05.00 jadwal pengujian rentang bentang 3 yang dilakukan sistem tutup dan pukul 05.00- 08.30 alat sensor dilepaskan dan sistem buka diterapkan. c-may

Pos terkait