Satpol PP Kabupaten Katingan Bongkar Baliho Tak Berizin

  • Whatsapp
POL PP BONGKAR BALIHO
Anggota Satpol PP Katingan saat membongkar baliho yang tidak berizin maupun tidak membayar retribusi, Selasa (4/2). TABENGAN/SENO

KASONGAN/tabengan.com – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Katingan menertibkan dengan membongkar reklame atau baliho di wilayah Kota Kasongan maupun Kereng Pangi, Kecamatan Katingan Hilir yang melanggar peraturan daerah terkait izin dan retribusi daerah.

Kepala Satpol PP Katingan Pimanto melalui Kasubid Penegak Perda atau Pejabat PPNS Budiman L Gaol menyebutkan, penertiban reklame/baliho ini berdasarkan UU 23 Tahun 2014, PP 16 Tahun 2018, Perda 03 Tahun 2020, sehingga sebelum melakukan eksekusi anggota Pol PP sebelumnya melakukan indentifikasi atau pendataan reklame/baliho baik yang besar maupun kecil.

Menurutnya, sebelum dilakukan eksekusi, tahapan demi tahapan sudah dilakukan pihaknya, yakni mengimbau secara lisan dan persuasif serta membuat surat peringatan pertama, kedua dan ketiga. Tetapi pemilik reklame maupun spanduk, baliho tidak mengindahkan, sehingga tahapan selanjutnya melakukan eksekusi pembokaran dan ini dilakukan kepada reklame/baliho yang tidak berizin dan tidak bayar pajak retribusi.

Budiman menambahkan, tujuan dilakukannya penertiban reklame dan baliho ini dalam rangka memberikan syok terapi dan peringatan kepada pemilik usaha reklame agar membayar kewajiban retribusi pajak, guna peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemerintah Kabupaten Katingan. c-sus

Pos terkait