BKSDA Tangkap Ular Kobra di Lingkungan Kantor Bupati Kotim

  • Whatsapp
ular kobra di lingkungan kantor bupati kotim
Petugas BKSDA Pos Sampit bersama Komunitas Pecinta Reptil saat menyisir Kantor Bupati Kotim, Senin (3/2). TABENGAN/ARBIT SAFARI

SAMPIT/tabengan.com – Usai penemuan seekor ular king kobra sepanjang 3,5 meter di halaman Kantor Bupati Kotawaringin Timur, Senin (3/2) pagi, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Sampit bersama sejumlah relawan dari Komunitas Pecinta Reptil Sampit melakukan menyisiran di kawasan Kantor Bupati Kotim. Dalam penyisiran tersebut, mereka berhasil menemukan seekor ular kobra dengan panjang sekitar 1 meter.

Komandan BKSDA Pos Sampit Muriansyah mengungkapkan, saat itu seorang relawan dari komunitas pencinta reptil yaitu Hari terkena semprotan racun ular kobra di bagian mata.

“Kami melakukan penelusuran di lingkungan Pemkab dan berhasil menemukan seekor ular jenis kobra sembur, panjang 1 meteran. Dalam proses penangkapan ular, seorang anggota komunitas terkena sembur bagian mata. Saat ini terus dipantau perkembangannya,” terang Muriansyah saat dikonfirmasi, Senin.

Setelah kegiatan penyisiran selesai, pihaknya kemudian memberikan saran dan masukan untuk pihak di pemerintah daerah, terkait lokasi-lokasi yang harus segera dibersihkan, yang diduga kuat menjadi tempat sarang ular. Selain itu, perlu tambahan penerangan di beberapa lokasi.

“Saran dan masukan yang kami berikan direspons positif dan langsung ditindaklanjuti dengan mendatangi ulang lokasi-lokasi rawan, bersama-sama pihak pemerintah daerah. Sedangkan ular hasil temuan langsung dirilis di daerah yang jauh dari aktivitas masyarakat,” jelas Muriansyah.

Sebelumnya, seekor ular king kobra ditemukan berkeliaran di halaman Kantor Bupati Kotim, Jumat (31/1) malam. Ular dengan panjang 3,5 meter tersebut berhasil ditangkap dan dibawa ke tempat yang aman. c-arb

Pos terkait