Orang Utan Berkeliaran di Kebun, BKSDA Tolong Amankan

  • Whatsapp
Orang Utan Berkeliaran di Kebun, BKSDA Tolong Amankan
NANGA BULIK/tabengan.com- Diduga tersesat dan terpisah dari kawanannya, seekor orang utan dewasa terlihat berkeliaran di areal perkebunan kelapa sawit milik PT Menthobi Makmur Lestari (MML).
Salah satu Manajer PT MML, Kamaludin membenarkan ada seekor orang utan yang terlihat kebingungan berkeliaran di areal perkebunannya.
“Iya, kemarin (Jumat) sekitar pukul 14.00 WIB, beberapa karyawan kami melihat ada seekor orang utan berkeliaran di area kebun,” ungkapnya, Sabtu (1/2).
Diketahui, orang utan merupakan salah satu hewan yang dilindungi. Karenanya, Kamaludin mengaku pihaknya telah menginstruksikan kepada semua karyawan agar tidak mengganggu orang utan tersebut hingga pihak pemerintah melalui lembaga terkait dapat mengambil tindakan.
“Kami telah melakukan sosialisasi kepada karyawan, khususnya bagian perawatan, pemanenan dan driver yang beraktivitas di lapangan agar tidak mengusik keberadaan orang utan tersebut. Kami juga telah melaporkan keberadaan orang utan tersebut kepada pihak terkait,” ujarnya.
Terpisah, salah seorang petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pangkalan bun, Nasidah, saat dikonfirmasi mengakui pihaknya telah mendapatkan laporan tentang adanya orang utan di areal perkebunan PT MML Lamandau.
“Kami telah menerima laporan tersebut, kami minta tolong untuk dipantau. Secepatnya kami akan turun ke lokasi untuk mengamankan hewan dilindungi tersebut agar tidak jatuh ke tangan orang-orang yang tidak bertanggung jawab,” cetusnya. c-kar

Pos terkait