RSUD Murjani Siap Tangani Pasien Corona

  • Whatsapp
iklan atas

SAMPIT/tabengan.com – Sebagai salah satu kota yang dinyatakan waspada virus Corona, RSUD dr Murjani Sampit, Kotawaringin Timur saat ini telah mempersiapkan berbagai fasilitas dan tenaga medis mengantisipasi adanya warga yang terinveksi virus mematikan tersebut. Hal ini terlihat saat digelarnya simulasi penanganan pasien terinfeksi virus Corona, Rabu (29/1) siang.

Wakil Direktur Bidang Pelayanan RSUD dr Murjani Sampit dr Yudha Herlambang mengungkapkan, pihaknya siap menerima pasien rujukan dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) yang lingkup wilayahnya hingga ke Sukamara untuk menangani pasien yang terduga terinfeksi virus Corona.

Bacaan Lainnya

iklan atas

“Kita siapkan tenaga medis, ruang isolasi dan juga diagnosanya,” terang dr Yudha.

Menurutnya, pasien terduga virus Corona akan di-screening awal, kemudian ditelusuri riwayat kontak apakah pernah bersentuhan dengan orang yang pernah datang dari daerah asal virus Corona, kemudian gejala-gejalanya.

“Kita akan konfirmasikan apakah itu mendukung atau tidak. Lalu kita akan pantau kondisinya, ada langkah-langkahnya, tergantung kondisinya,” jelasnya.

Untuk personel yang dikerahkan, Yudha menyebut pihaknya bergantung pada ritme kerja.

“Karena kita tidak tahu kapan pasien datang. Bisa pagi, siang atau malam. Jadi setiap petugas yang bertugas sesuai dengan shift akan disiapkan,” tambahnya.

Setiap pasien yang masuk, tambahnya, akan ditangani petugas di RSUD dr Murjani. Apabila kondisinya tidak memungkinkan, maka pihaknya akan mengirimkan ke rumah sakit rujukan lainnya.

Dalam simulasi tersebut, diperagakan penanganan pasien sejak tiba di RSUD dr Murjani Sampit. Pasien dibawa oleh petugas yang mengenakan pakaian pelindung khusus, kemudian dilanjutkan dengan perawatan di ruang isolasi RSUD dr Murjani. c-arb

iklan atas

Pos terkait

iklan atas