Antisipasi Banjir, Satgas PUPR Bersihkan Drainase

  • Whatsapp
iklan atas

PANGKALAN BUN/tabengan.com – Agar tidak terjadi banjir susulan di beberapa wilayah dalam kota Pangkalan Bun akibat tingginya curah hujan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menurunkan Tim Satgas untuk membersihkan drainase.

Plt Kepala PUPR Kobar Junni Gultom mengatakan bahwa pihaknya sudah menurunkan tim Satuan Tugas (Satgas) khusus untuk membersihkan drainase di Jalan Sultan Syahril tepatnya depan kantor Pos Indonesia. Pasalnya, di wilayah itu selalu terjadi genangan air jika curah hujan yang tinggi.

“Berdasarkan indikator kinerja utama Dinas PUPR Kobar diantarnya zero sumbatan pada drainase, maka begitu kita menemukan adanya sumbatan, maka kami menurunkan Satgas untuk membersihkan drainase dari sampah,” kata Junni Gultom, Selasa (28/1) kepada Tabengan.

Junni Gultom juga menuturkan, munculnya genangan air karena banyak sampah dalam parit juga lubang pembuangan tertutup sampah dan rumput, untuk membersihkan itu Tim Satgas pun sampai masuk dalam drainase untuk memastikan tidak ada lagi tumpukan sampah di dalamnya.

“Untuk mewujudkan zero sumbatan, kami juga mohon dukungan masyarakat agar tidak membuang sampah pada parit atau ke dalam drainase, hal itu juga sebagai wujud kota yang sehat, dengan tersumbatnya parit maka akan terjadi genangan air bila hutan turun dengan lebat,” ujar Junni Gultom.

Junni berharap, masyarakat kembali hidupkan kegiatan gotong royong membersihkan parit dari sampah dan rumput agar tercipta lingkungan yang sehat dan bersih. c-uli

iklan atas

Pos terkait

iklan atas