Keberadaan PT KBS Dipertanyakan

  • Whatsapp

“Kita sendiri bisa menilai, mengembangkan bisnis yang jauh seperti itu apalagi bergerak di bidang BBM, apakah beres?”

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Dalam peninjauan sejumlah aset Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) di Palangka Raya, Selasa (21/1), Komisi I DPRD Kalteng menemukan keberadaan PT Kalteng Berkah Semesta (KBS).

Bacaan Lainnya

Keberadaan PT KBS ini diduga salah satu anak perusahaan daerah (Perusda) PT Banama Tingang Makmur (BTM), aktivitasnya menempati salah satu aset milik Pemprov di Jalan Tjilik Riwut Km 10 Palangka Raya atau eks Kantor TVRI. Perusahaan tersebut mengembangkan bisnis Bahan Bakar Minyak (BBM).

Namun, yang jadi pertanyaan sejumlah anggota DPRD Kalteng yang hadir dalam peninjauan lapangan tersebut adalah karena aktivitasnya cukup jauh dari lingkungan masyarakat, berada di gedung paling belakang di lahan tersebut.

Ketua Komisi I DPRD Kalteng Y Freddy Ering saat dibincangi Tabengan usai peninjauan lapangan mengatakan, peninjauan lapangan itu dilaksanakan dalam rangka pengawasan agar seluruh aset Pemprov Kalteng dapat terinventarisir dan tercatat dengan baik.

Namun, dalam kunjungan itu pihaknya merasa kaget, tiba-tiba ada aktivitas Perusda di lokasi tersebut.

“Tujuan kita ke sana tadi kan melihat lokasi saja. Kita tidak tahu kalau di situ sudah bercokol Perusda. Mengapa bisa tiba-tiba ada, itu yang menjadi tanda tanya bagi kita,” kata Freddy.

Terlebih, kata dia, aktivitas PT KBS yang dapat dikatakan cukup jauh dari pengawasan tersebut juga menjadi pertanyaan besar.

“Kita sendiri kan bisa menilai, mengembangkan bisnis yang jauh seperti itu apalagi bergerak di bidang BBM, apakah beres?” ucap legislator dari Fraksi PDI Perjuangan ini.

Adanya temuan tersebut, lanjut Freddy, akan menjadi pembahasan pihaknya di Komisi I. Untuk PT BTM ini akan kita gelar rapat dengar pendapat (RDP) nanti dan akan kita jadwalkan.

“Kita jadwalkan dalam RDP, karena yang namanya bisnis itu kan harus transparan. Ini coba bayangkan orang ke situ cukup jauh,” tegasnya. sgh

Pos terkait